Sri Wahyuni Utami

Guru SMPN 1 NGORO MOJOKERTO Alumni klas CV menulis MG Surabaya Angkatan ke 1 Buku perdana wisata Sejarah Mojokerto...

Selengkapnya
Navigasi Web

5 DAFTAR MINUMAN DAN MAKANAN PENYEBAB KANKER USUS

#Tantangan gurusiana ke 146#

5 DAFTAR MAKANAN DAN MINUMAN PENYEBAB KANKER USUS

Beberapa jenis makanan dan minuman bisa menyebabkan kanker usus besar karena memicu peradangan di dalam tubuh. Simpulan tersebut diperoleh berdasarkan penelitihan yang dipublikasikan di JAMA ONCOLOGY ( 2018 ) Peneliti mengamati pola makan lebih dari 121.000 orang selama 26 tahun. Studi menunjukkan orang yang kerap mengkonsumsi makanan pemicu peradangan, resiko terkena kanker usus besar 44% lebih besar dibandingkan orang diet minim peradangan. Lebih lanjut ahli juga membuktikan, resiko terkena kanker usus besar tetap tinggi.meskipun faktor penyebab kanker lain seperti berat badan dan aktif bergerak sudah terkontrol. Mengingat besarnya peran makanan sebagai penyebab kanker usus besar, ada baiknya Anda menjalankan pola makan sehat dan seimbang. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman penyebab kanker usus besar yang perlu diwaspadai :

1. Daging merah

Konsumsi daging merah termasuk jerohan dari binatang berkaki enpat, seperti daging sapi, kambing, babi dll, perlu dibatasi. Daging merah memang termasuk asupan protein yang diperlukan tubuh. Namun konsumsi daging merah berlebihan dapat menyebabkan kanker usus besar. Selain itu, daging merah juga tinggi lemak jenuh tak sehat yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat. Makan daging merah sebaiknya tak lebih dari 3 kali setiap minggu, dengan batasan setiap sajian maksimal 85 gram per porsi. Anda tak perlu kawatir bakal kekurangan protein karena membatasi daging merah. Demi memenuhi protein yang berfungsi untuk regenerasi sel, menyembuhkan jaringan yang rusak, sampai menjaga daya tahan tubuh, cukup kebutuhannya dari asupan yang lain. Beberapa sumber protein selain daging merah diantaranya ikan, makanan laut, ayam, produk susu, sampai telor.

2. Daging olahan

Selain daging merah, makanan penyebab kanker usus besar yang lain yakni daging olahan seperti sosis, kornet, han, burger, bacon, dan pepperoni. Daging olahan adalah protein hewani yang di proses lewat pengasapan, pengasinan, pengawetan, dan ditambahi bawan kimia tambahan agar lebih awet. Penelitihan orang yang mengkonsumsi daging olahan berisiko lebih tinggi mengindap kanker usus besar dan kanker perut dibandingkan orang yang tidak pernah mengkonsumsinya. Jika konsumsi daging merah perlu dibatasi, ahli menyarankan agar kita menghindari makan daging olahan untuk diet antikanker.

3. Alkohol

Alkohol memang tidak termasuk jenis makanan penyebab kanker usus besar, tapi minuman yang bisa meningkatkan risiko kanker, minuman alkohol sebanyak 2 sampai 3 gelas per hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus besar sampai 20 %. Konsumsi alkoholberlebihan juga dapat menyebabkan kanker payudara dan menurunkan sistem daya tahan tubuh. Hindari minuman alkohol berlebihan.

4. Biji-bijihan olahan

Biji-bijihan olahan juga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Beberapa contoh produk dari biji-bijihan olahan diantaranya roti putih, sereal, pasta, mi, makanan dari tepung terigu, nasi putih dll. Makanan dari biji-bijihan olahan berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu resistensi insulin. Untuk mencegah penyakit kanker usus besar, ganti kebiasaan mengkonsumsi biji-bijihan olahan dengan biji utuh yang minim proses dan kaya serat seperti roti gandum, beras merah, dll

5. Gula

Konsumsi gula secara berlebihan dari makanan dan minuman dapat menyebabkan peradangan kronis. Peradangan dapat menyebabkan kanker termasuk kanker usus besar. Gula dapat mengkontribusi dalam meningkatkan berat badan atau obesitas termasuk faktor penyebab kanker. Kendati gula bisa berbahaya bagi tubuh. Orang tetap membutuhkan gula dalam jumlah kecil untuk menunjang kinerja organ vital. Menurut kementrian kesehatan, batas aman konsumsi gula bagi orang tanpa masalah kesehatan adalah 200 kkal, setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari. Namun, Anda perlu cermat menyikapi takaran gula. Pasalnya gula bisa ditemukan dalam sumber makanan lain seperti es krim, biskuit, roti, saus, sampai makanan yang diawetkan. Gula acapkali tidak ditulis sebagai gula dalam deretan komposisi makanan.

Namun, menggunakan nama pemanis buatan seperti fruktosa, laktosa, sukrosa, maltosa, glukosa, sampai dekstrosa. Gula alami seperti madu sampai sirup maple yang disebut berkhasiat untuk kesehatan juga memiliki kalori yang tinggi seperti gula biasa. Agar kecukupan gula terpenuhi tanpa khawatir mengkonsumsi makanan penyebab kanker, Anda bisa mengkonsumsi buah segar setiap hari dan hindari segala bentuk pemanis buatan.

Salam sehat, kesehatan.kontan.co.id

Mojokerto, 13 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pisan buk. Terima kasih banyak informasinya. Sukses selalu

13 Sep
Balas

Aamiiin ...yra. terima kasih. Sehat2 selalu ya

13 Sep

Terimakasih infonya sangat bermanfaat bu, mantul tulisannya

13 Sep
Balas

Terima kasih. Sehat2 selalu ya bu

13 Sep

Makasih informasi bunda.. sangat bermanfaat. Barakallahu fiik

13 Sep
Balas

Sama2. Sehat2selalu ya bu

14 Sep

Luar biasa keren Bu

13 Sep
Balas

Terima kasih pak, sehat2 selalu ya pak

14 Sep

Info yang bermanfaat. Terima kasih

13 Sep
Balas

Sama2. Sehat2 selalu ya bu

13 Sep

Sukses selalu bun.. Trimakasih infonya...

13 Sep
Balas

Sama2. Sehat2 selalu ya bu

14 Sep

informasi yg bermanfaat bu..sukses terus

13 Sep
Balas

Terima kasih. Sehat2 selalu ya bu

14 Sep



search

New Post