Sri Wahyuni Utami

Guru SMPN 1 NGORO MOJOKERTO Alumni klas CV menulis MG Surabaya Angkatan ke 1 Buku perdana wisata Sejarah Mojokerto...

Selengkapnya
Navigasi Web

MANFAAT MAKAN KACANG PANJANG SETIAP HARI

#Tantangan gurusiana ke 163#

MANFAAT MAKAN KACANG PANJANG SETIAP HARI

Kacang panjang merpakan jenis sayuran yang mudah ditemui, hampir setiap pedagang sayur menjualnya. Ternyata sayuran ini tak bisa disepelekan. Sebab, manfaat kacang panjang yanb paling fenomenal dalam dunia kesehatan adalah perannya dalam membentuk jantunh sehat. Kandungan vitamin B1 dan B2, fosfor, zat besi, riboflavin, zat besi, pektin dan serat merupakan kombinasi yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh :

1. Sumber antioksidan

Manfaat antioksidan sangat penting bagi tubuh, yaitu mencegah dan memperbaiki radikal bebas. Kacang panjang merupakan salah satu sumber penting yang kaya akan antioksidan, selain nutrisi antioksidan konvendional seperti vitamin C dan beta-karoten, kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang peting untuk antioksidan. Kacang hijau mengandung berbagai macam karotenoid ( termasuk lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid ( termasuk quercetin, kaemferol, catechin, epicztechins, dan procyannidinx ) yang semuanya terbukti memiliki sifat antioksidan.

2. Baik untuk pencernakan

Serat pada kacang panjang memberikan efek yang baik pada sistem pencernakan yang dapat memperlancar sekresi yang menghindarkan permasalahan sistem pencernakan seperti atau penyakit yang lebih berbahaya yaitu kanker usus besar.

3. Mencegah Diabetes

Hampir seluruh jenis sayuran kacang -kacangan dapat mengontrol kadar gula berlebihan yang mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu kacang panjang juga rendah akan kalori dan gula sehingga sangat aman untuk Anda yang bermasalah dengan gula darah. Cara paling mudah adalah dengan membuat jus kacang panjang mentah. Dimana 3-4 batang dibuat jus, dicampur sedikit air lalu minum secara rutin setiap pagi.

4. Kesehatan Jantung

Terdapat pula kandungan pada kacang panjang yang menyehatkan jantung, sehingga membuat terhindar dasri masalah penyakit jantung. Kandungan vitamin K yang tinggi dalam nutrisi sayuran kacang panjang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dalam penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelihan terbaru menu jukkan salah satu kategori vitamin K yakni Kw, yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah pengapuran pada arteri koroner sehingga mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Mecegah Osteoporosis

Tingginya kandungan vitamin K dalam kacang panjang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan vitamin K yang ada pada sayuran ini setidaknya dapat memenuhi lebih 20 % kebutuhan harian vitamin K yang dibutuhkan tubuh.

6. Kesehatan Tulang

Selain osteoporosis, ada berbagai penyakit kelainan yang terjadi pada tulang yang sangat penting untuk kita hindari. Vitamin K dan mangan yang terdapat pada kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang.

Semoga bermanfaat, genpi.co

Mojokerto, 30 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu dan salam sukses

01 Oct
Balas

Terima kasih bu. Sehat2 selalu ya bu

01 Oct

Barakallah bun....

04 Oct
Balas

Mksih ilmunya bund. .sangat bermanfaat...salam sukses

30 Sep
Balas

Terima kasih bu. Sehat2 selalu ya bu

01 Oct



search

New Post