Sri Wahyuni Utami

Guru SMPN 1 NGORO MOJOKERTO Alumni klas CV menulis MG Surabaya Angkatan ke 1 Buku perdana wisata Sejarah Mojokerto...

Selengkapnya
Navigasi Web

WASPADA! TERNYATA KULKAS BISA JADI SUMBER RACUN BAGI TUBUH

#Tantangan gurusiana ke 157#

WASPADA! TERNYATA KULKAS BISA JADI SUMBER RACUN BAGI TUBUH

Seberapa pentingnya peran kulkas bagi sase lovers dan keluarga? Bahkan kulkas tidak hanya jadi tempat penyimpanan makanan dan minuman. Obat hingga alat make up pun bisa disimpan dalam kulkas. Meski jadi bagian penting dalam sebuah rumah, kulkas merupakan bagian dapur yang paling rawan menjadi sumber racun dan bakteri. Tak heran memang, benda pendingin ini seringkali jadi tempat menyimpan aneka barang dari luar yang kemungkinan besar terkontaminasi kuman dan bakteri sumber racun. Suhu kulkas dan freezer yang dingin memang ampuhvmembuat bahteri sulit berkembang biak. Itu sebabnya makanan yang kita masukkan ke dalamnya bisa lebih tahan lama karena tidak cepat diuraikan oleh bakteri. Jika begitu, kenapa kulkas disebut sarang kuman?

Kulkas bisa jadi sumber bakteri

Di dalam kulkas, bakteri memang berkembang biak. Tapi bukan kuman-kuman ini mati. Bakteri dan jamur bisa bertahan hidup di dalam kulkas. Mereka tidak mati tapi menunggu waktu dan lingkungan yang tepat untuk berkembang. Bakteri tidak akan pindah dari satu makanan dan mengkontaminasi makanan lainnya di dalam kulkas.

Cara mudah menjaga kebersihan kulkas

Jika kita punya kebiasaan memasukkan begitu saja makanan dan sayuran ke dalam kulkas, maka hal ini adalah langkah pertama yang harus diubah. Jika makanan yang kita simpan mengandung bakteri, artinya kita ikut menyimpan bakteri di dalam kulkas.

1. Telur misalnya, sebaiknya kita bilas dulu agar kotoran dan baunya hilang.

2. Jika hendak menyimpan makanan mentah, misalnya ikan atau daging ayam, cuci dulu lalu masukkan wadah kedap, baru masukkan ke dalam kulkas.

3. Simpan semua makanan pada tempatnya, jangan mencampur daging dengan sayuran atau telor dengan buah-buahan.

4. Agar terhindar dari bahaya kuman, kulkas harus rajin dibersihkan, tak perlu menunggu sampai bau atau lapisan esnya tebal.

5. Rutinlah membersihkan kulkas seminggu sekali. Jadikan akhir pekan sebagai jadwal pastinya.

6. Keluarkan dan sotir kembali semua bahan makanan yang ada dalam kulkas pada saat dibersihkan.

Walau sangat mungkin menmadi sarang bakteri, bukan berarti kita harus berhenti menggunakan kulkas. Benda ini sangat berfungsi menjaga kesegaran bahan pangan terutama dalam kondisi Indonesia yang beriklim tropis. Hanya saja, kita harus tetap mewaspadai kemungkinannya menjadi sumber racun di rumah kita. Jaga terus kebersihan kulkas sehingga makanan keluarga juga bisa terjaga kebersihannya.

Salam sehat, sajiansedap.grid.id

Mojokerto, 24 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Info yang bermanfaat, makasih bunda, salam literasi

25 Sep
Balas

Terima kasih bu, sehat2 selalu ya bu

25 Sep

Mantap buk Sri, Hatur nuhun pisan informasinya.. Sukses selalu

24 Sep
Balas

Terima kasih bu. Sehat2 selalu ya bu

24 Sep

Tulisan yang bermanfaat. Mkasih ya Bu dan salam sukses

25 Sep
Balas

Sama2 bu, sehat2 selalu ya bu

25 Sep

Keren Bu

24 Sep
Balas

Teroma kasih pak

25 Sep



search

New Post