Sri Wilujeng

Sri Wilujeng,S.Pd. M.Pd, lulusan S2 Matematika UT Jember. Saat ini menjadi Kepala Sekolah di SMPN I Pakem Bondowoso Jawa Timur. Pernah menjadi TUTOR di UT...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jangan Abaikan Pesuruh

JANGAN ABAIKAN PESURUH

Pesuruh kata ini membuat kita langsung membayangkan orang yang kerjanya hanya disuruh saja, padahal pesurh itu adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah lembaga seperti sekolah.Pengertian pesuruh juga berarti orang yang melengkapi apa yang dibutuhkan oleh sekolah.Pesuruh sekolah ada juga yang menyebutnya tukang kebun sekolah yang selam ini terabaikan karena kita selalu menengok jasa guru yang sangat besar dalam mendidik kita sampai saat ini.

Pernahkan kita tengok tentang pekerjaan pesuruh khususnya pesuruh sekolah? Pernahkah kita tahu apa yang dilakukan pesuruh sebenarnya? Kalau kita perhatikan pekerjaan pesuruh itu sangat berat dan mulia. Sebelum kita datang ke sekolah mereka sudah sudah melakukan pekerjaannya terlebih dahulu. Sebagian orang mungkin memandang remeh pekerjaannya dan mengatakan “hanya menyapu saja”. Padahal pekerjaannya tidak semudah itu, mereka harus menyapu ruangan bahkan halaman, mengepel, membersihkan meja kursi, menata, membersihkan kamar mandi, mengganti lampu yang rusak, membukan ruangan-ruangan baik itu kelas, ruang guru, ruang TU, ruang kepala sekolah, memperbaiki mebelair dan masih banyak lag. Bahkan dari pesuruh itu ada yang merangkap menjadi penjaga malam yang tugasnya juga sangat berat dan penuh tanggung jawab yaitu berkeliling untuk memastikan asset-aset Negara yang ada di sekolah terjaga dengan aman.

Dengan segala pekerjaan yang dilakukan oleh pesuruh itu, akan membuka mata kita untuk tidak meremehkan atau memandang sebelah mata pada mereka. Pekerjaan mereka sama mulianya dengan pekerjaan yang kita lakukan dalam mendidik siswa kita. Semoga ini menjadikan kita sadar bahwa kita sama di dihadapan Allah, dan membuat kita tidak merasa lebih tinggi dari mereka.

Pakem, 18 Januari 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post