Sri Winarni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Komitmen seorang kepala sekolah dalam mengembangkan sekolahnya

"Komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah" Oleh : Sri Winarni SDN Sumbergondo 02

Saat memulai tugasnya sebagai Kepala Sekolah pada tahun 2014 Sri Winarni S.Pd MH mendapati SDN Sumbergondo 02 dalam kondisi yang tidak sehat. sarana fisik sekolah yang kurang memadai dengan jumlah murid yang sedikit, kualitas guru yang sudah baik tetapi belum berani mengexplor kualitasnya, dan banyak orang tua dilingkungan sekitar sekolah lebih memilih menyekolahkan disekolah lain dari pada di SDN Sumbergondo 02

Namun dengan melihat potensi lokal sekolah disekitar sekolah tersebut dengan bebasis pertanian dengan mata pencaharian petani dan pedagang sayur mayur.Serta kondisi lingkungan sekolah yang asri dan nuansa pegunungan dengan nafas pedesaan yang masih bersih jauh dari polusi udara

Saya segera susun target sebagai garapan satu tahun kedepan sehingga langkah seseorang akan terukur bila realisasi target terpenuhi dengan jelas karena keberhasilan itu sangat diperlukan kejelasan dan penting. Target kami harus sesuai dengan potensi yang dimiliki sekolah mulai dari potensi alam dan lingkungan sekolah,potensi sumber daya manusia dan potensi keberagaman itu sendiri. Saya melihat disana yang sangat menonjol itu adalah 2 potensi yaitu potensi alam dan potensi sumber daya manusia.Dari dua potensi ini saya anggap cukup untuk mengembangkan sekolah sedang yang lain adalah sebagai pendukung.

Potenssi Alam itu sendiri meliputi : 1.Lingkungan yang asri dan didesa serta lereng gunung sehingga merupakan situasi yang mendukung untuk pembelajaran. 2,Ditengah tengah perkampungan dan kebun masyarakat udara yang sangat bagus untuk kesehatan SDM sebagai suatu ekosistem 3,Lingkungan pertanian adalah lingkungan yang mendukung belajar abad 21 yaitu belajar sepanjang hayat. Inilah yang menjadi prioritas saya untuk menyusun program kerja dan target garapan untuk kegiatan satu tahun kedepan.

Potensi ke2 adalah Potensi SDM : 1.Peserta didik yang ada,itu jauh dari kata polusi udara dan pencemaran sehingga siswa jelas terbebas dari pencemaran udara 2.Jauh dari kota metropolitan sehingga potensi bisa karema belum terjamah kehidupan perkotaan sehingga mendukung transformasi ilmu yang sangat cepat bisa diterima. 3.Peran Serta Masyarakat desa masih kental dengan azasnya yaitu gotong royong sehingga kontribusi kesekolah sangat utuh dan bulat dalam mendukung program sekolah. 4,Potensi guru adalah hal yang tidak bisa disepelekan karena guru adalah salah satu sarana transformasi ilmu kepada siswa siswinya dan ini menjadi pemetaan KS untuk mengetahui kualitas fan profesioanalitasnya.

Dari apa yang saya sampaikan tersebut diatas,komitmen dan kredibilitas seorang kepala sekolah harus ditegaskan dan dipertanggung jawabkan secara pribadi, bangsa dan agama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post