SRI YAMINI, S.Pd

Saya bernama SRI YAMINI, S. Pd Berusia 51 Tahun Pendidikan S1 PGSD UPI BANDUNG Tempat Mengajar SDN Babakan Sinyat 4 Kec. Kiaracondong Bandung &n...

Selengkapnya
Navigasi Web

MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA DI KELAS 1 SD

Guru adalah segala-galanya bagi siswa kelas 1 SD. Guru merupakan idola yang harus ditaati, diteladani dan digugu serta ditiru,diteladani serta diakui jasa-jasanya. Bagaikan lirik lagu yang sering dikumandangkan oleh anak-anak untuk mengenang jasa-jasanya. Kita mungkin hapal dengan syair ini. Kita jadi bisa..... membaca dan menulis... karena siapa??? Saya terinspirasi dari judul " Pengembangan Potensi Siswa SD Dalam Mengarang Oleh penulis Pak Darsono, S. Pd.I, M.M.Pd.Dari majalah Bhinneka Karya Winaya. Untuk murid kelas 1 tidak mungkin diajarkan untuk membuat sebuah karangan. Karena murid kelas 1 SD hanya terbatan kepada calistungmatungtung ( Membaca Menulis Berhitung Menarik Dan Menyenangkan). Keterampilan murid kelas 1 membaca dan menulis dengan kreatif yang harus sejak dini.Setelah murid trampil membaca diisi dengan kegiatan peragaan membaca dan menulis. Kita bisa memperhatikan murid kelas 1 yang sudah pandai membaca dan menulis. Kita harus mencoba murid kelas diberikan sebuah gambar pasti murid yang sudah pandai membaca dan menulis bisa menyebutkan kegiatan tersebut dengan terurai dengan bahasa murid kelas 1. Kegiatan menulis di kelas 1 bisa diuji coba dengan menulis nama sendiri, umur, alamat rumah dengan lengkap,nama orang tua, kakak/adik,nenek /kakek/ paman/bibi/ pekerjaan orang tua. Setelah murid kelas 1 lebih paham disambung dengan mengenalkan buku-buku bacaan. Suatu cara untuk melatih murid agar bisa mengungkapkan perasaan maupun hatinya.Melalui pembinaan secara terencana, bertahap, dan berkesinambungan serta disesuaikan dengan tingkat kemampuan jiwa murid yang bersangkutan. Coba kita bangkitkan minat, bakat dan kreativitas murid kelas 1 SD. Jadi murid kelas 1 ingin cepat bisa membuat karangan yang sederhana, sering dilatih membaca ( dikte). Dengan sering melatih membaca / dikte setiap hati. Murid kelas 1 bisa menulis tanpa di dikte. Semoga tulisanku ada mamfaat.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah tulisanku selesai juga, trimks. Semoga bermanfaat

17 Mar
Balas



search

New Post