Sriyanto

Pemuda kampung yang tak berhenti belajar. Belajar menulis, dari apa yang dibaca pada realitas sosial, pendidikan dan agama. Diruang ini bisa menuangkan id...

Selengkapnya
Navigasi Web

Generasi Masjid

Menyesal. Sekali lagi menyesal. Membuat tangis keras Si Kecil sampai gulung-gulung. Karena tidak saya ajak sholat ke masjid, kondisi hujan deras. Takut ia kedinginan. Ingin saya, ia sholat dirumah saja. Tapi keinginan kuat, tetap sholat di masjid. Sehingga kalau saya sholat ke masjid selalu ikut.

Terus saya bertanya, apa karena saya sering mengajak sholat magrib dan isya ke masjid, menjadikan dirinya klayu dalam bahasa Jawa.

Seperti halnya, kalau pagi hari sebelum berangkat ke sekolah selalu minta putar-putar dulu. Karena sebelumnya memang selalu saya ajak keliling dulu.

Teringat saat kuliah, tentang teori belajar behavior yang disampaikan Ivan Pavlov. Rangsangan-respon. Melalui percobaan anjing. Intinya perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi kebiasaan. Respon akan cepat menangkap terhadap rangsangan.

Saya kira ini penting dalam membentuk kebiasaan yang baik, harus ada perbuatan yang sifatnya ajeg. Istiqomah. Sampai membuat dirinya itu tak nyaman kalau tidak melakukan hal itu.

Misalnya ingin membentuk anak rajin sholat Dhuha. Maka harus ada program yang rutin sholat Dhuha setiap pagi. Sulitnya rasanya, kalau programnya Istiqomah. Ingin terbiasa sholat subuh di masjid. Maka kita sebagai orang tua membiasakan diri ke masjid.

Mungkin itu yang dirasakan si kecil, merasa kurang nyaman kalau tidak ikut di masjid. Meskipun di masjid belum bisa sholat dengan benar. Bagi saya minimal tidak ramai, dan bisa melihat mengikuti gerakan. Semoga malam ini menyesal yang positif. Menjadikan ia generasi yang selalu ingat masjid dimana pun berada. Waallahu bishowab...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post