Sri Yuni Karnawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SURGA DUNIA ECOPRINT
SURGA DUNIA ECOPRINT

SURGA DUNIA ECOPRINT

Kebun yang luas merupakan anugrah tersendiri dalam kehidupan. Berbagai tumbuhan dapat kita tanam di kebun mulai dari tanaman bunga maupun tanaman berkayu lainnya. Di sekolah ada banyak tanaman penghijauan yang ditanam ketika ada bantuan bibit dari Dinas Lingkungan Hidup, antara lain Glodok Pecut, Sawo Kecik, Tanjung dan Ketapang. Glodok pecut adalah tanaman berkayu, berdaun panjang runcing, berbuah dan berbiji. Tanaman ini mempunyai profil tumbuh meninggi sampai lebih dari 5 meter di permukaan tanah. Sawo Kecik adalah tanaman berbunga berbuah dan berbiji, tanaman ini mempunyai daun yang agak bulat berukuran sedang, berbunga kecil berbuah lonjong berwarna oranye kemerahan. Ketapang adalah tanaman berbunga berbuah dan berbiji dengan profil tumbuh bercabang, masing-masing cabang menyebar membuat lingkaran sehingga tanaman ini seperti membuat kanopi sehingga meneduhi area di bawahnya.

Berbagai tanaman tersebut mempunyai masa berdaun lebat, berbunga, berbuah, menghasilkan biji dan masa menggugurkan daun. Hampir setiap hari ketapang menggugurkan daun, hal ini membuat tukang kebun harus rajin membersihkan daun-daun gugur supaya lingkungan sekolah bersih. Daun-daun yang gugur tersebut termasuk limbah organik yang disebut street swepping. Sebagian besar orang menganggap limbah daun gugur sebagai suatu masalah yang tak pernah selesai dan melelahkan.

Namun daun gugur bagi saya sebagai seorang ecoprinter adalah suatu anugerah alam dari Allah SWT yang tak terbantahkan. Melihat daun gugur berbagai bentuk dan warna bagi saya adalah surga dunia. Ada banyak desain di kepala saya ketika melihat daun berserakan hehehe....bagi orang lain mungkin aneh ya. tapi beginilah suatu karya tercipta. Sudah saatnya kita bersahabat dengan alam, mengambil dan memanfaatkan tanpa merusak...mengambil dan memanfaatkan tanpa mengganggu...mengambil dan memanfaatkan tanpa merugikan.

Pernahkan itu terpikir di benak Anda ? Sudahkah itu ada dalam kehidupan Anda ? Sudahkah Anda lakukan ? nunggu apalagi....alasan apalagi yang membuat Anda tidak dapat berpikir....tidak dapat bertindak dan tidak dapat melakukan sesuatu yang positif untuk alam dan untuk kita juga pada akhirnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanalloh. Sangat menginspirasi. Daun glodog itu yang runcing, pinggirnya bergelombang ya bu... saya baru mencoba mengolah menjadi pewarna alam. Kalau berhasil bagus... mauvsaya ajak anak2 membatik dengan pewarna alam saja. Bekerja sama dengan guru batik, kolaborasi pembelajaran kimia dan PKWU. Sukses ya bu guru.

06 Dec
Balas

Masya Allah, Bunda luar biasa sekali. Sukses selalu dan barakallahu fiik

15 Aug
Balas



search

New Post