Sri Yusniar

Pendidik bocah - bocah di desa kecil di Deli Serdang....

Selengkapnya
Navigasi Web
RESPECT PADA PASANGAN

RESPECT PADA PASANGAN

Lamanya usia pernikahan tidak menentukan adanya sikap saling mengerti, memahami, menghormati atau menghargai satu sama lain pada pasangan. Ia juga tak menentukan akan semakin dalamnya rasa cinta pada keduanya.

Cinta tak hanya diperjuangkan mati-matian saat sebelum jadian, atau ia bukan hanya diperjuangkan saat sebelum menikah. Ia akan segera mati jika dibiarkan mengikuti arah angin, ia akan segera mati saat tak disirami, tak dipupuk.

Cinta tidak lantas selesai perjuangannya saat setelah cincin disematkan di jari atau saat ijab qabul diucapkan. Ia juga tak lantas berhenti diperjuangkan saat ia telah sah menjadi milik kita.

Cinta butuh dijaga untuk terus tumbuh dalam diri pasangan kita masing-masing. Ia akan terus hidup jika disirami dengan air kasih sayang pada keduanya.

Nah agar cinta tetap terjaga, dibutuhkan sikap respect (respek) pada pasangan. Apakah itu?

Respect (respek) menurut KBBI adalah hormat, sikap menghormati.

Respect dalam hal ini adalah sebuah sikap saling menghormati, saling menghargai antara kedua pasangan. Kata saling disini menegaskan bahwa keduanya bertindak secara bersamaan, bukan salah satu. Artinya ia tidak akan dikatakan respect jika hanya salah satu yang melakukannya.

Apa saja sikap respect yang perlu dilakukan kepada pasangan?

1. Jadilah pendengar yang baik.

Kadang tanpa disadari kita sering kali hanya ingin didengarkan, namun kita lupa untuk mendengarkan pasangan kita. Maka cobalah untuk menjadi pendengar yang baik.

2. Menerima kekurangan pasangan.

Bisa jadi, kelebihan pasangan adalah hal yang menjadi ketertarikan tersendiri bagi kita untuk bisa menerimanya menjadi pasangan kita. Namun jika kita juga bisa menerima kekurangannya, maka itu adalah satu hal yang membuat hubungan dengan pasangan akan menjadi sangat baik.

3. Tidak memaksa pasangan untuk menjadi seperti keinginan kita.

Kadang kita sering terjebak disini, memaksa pasangan kita untuk berubah menjadi seperti yang kita inginkan. Atau lebih parahnya, kita meminta pasangan kita untuk seperti ingin kita, namun kita menunjukkan sikap yang bertolak belakang. (Seperti dalam film layangan putus yakni sikap Aris yang terlalu posesif dan cemburuan sama Kinan, eh dianya malah selingkuh). Jadi sebisa mungkin hindari sikap tersebut, jika kita sangat ingin pasangan kita menjadi seperti keinginan kita, maka bisa dikomunikasikan dengannya.

4. Menunjukkan rasa cinta yang lebih aktif

Ini adalah respect dengan tingkatan yang lebih aktif yaitu melakukan sesuatu dengan kesengajaan. Misal : memberikan bunga, memanggil pasangan dengan sebutan yang lebih mesra, memberikan hadiah dan lain-lain.

5. Sopan

Sopan disini bukan hanya miliknya para istri yang ia tujukan pada suaminya, namun bagaimana kedua pasangan bisa saling bersikap sopan, saling menghargai, saling menghormati. Sopan bukan berarti rasa takut atau sungkan, yang dapat melemahkan diri atau menunjukkan posisi tidak setara.

6. Perhatian atau Memberikan Perhatian

Rasa cinta antara pasangan suami istri akan semakin kuat saat keduanya saling memberi perhatian. Jika salah satu terlupa, mengingatkan adalah juga sebagai bentuk perhatian. Menghabiskan waktu bersama pasangan, bersama anak-anak jika sudah memiliki anak adalah sikap perhatian yang mencerminkan rasa hormat kita pada pasangan. Memberikan perhatian bisa dikatakan sebagai sikap respect tertinggi, ia akan terus memberikan perhatian tanpa meminta perhatian, karena sejatinya cinta adalah memberi. Jika kedua pasangan berpikir untuk terus memberi perhatian maka hubungan cinta keduanya akan langgeng dan indah.

Semoga sikap respect ada pada diri kita, pada pasangan kita.

----------

Kadang kita ingin mengubah pasangan kita menjadi seperti keinginan kita, namun kita sering lupa untuk menjadi seperti apa yang pasangan kita inginkan. (Srieyy)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post