St. Fatimah Achmad

Mengajar dengan Ilmu, Mendidik dengan Cinta, Melatih dengan Hati. Jadikan semua tempat adalah sekolah, belajar dan terus belajar dan nikmati sebaik-baik caramu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dimana Posisi Tangan Saat Pidato ( Public Speaking )

Dimana Posisi Tangan Saat Pidato ( Public Speaking )

DIMANA LETAK TANGAN SAAT PIDATO ( Public Speaking )

Bagi seorang orator ulung atau pembawa materi berpengalaman, gerakan tangan atau gesture akan menambah kepercayaan diri mereka, dengan penuh semangat mereka akan memainkan jemarinya, telunjuknya, tangan terbuka, atau tangannya yang mengepal seperti meninju. Mereka akan mempesona di depan audience, dan semakin banyak audience, maka kepercayaan diri mereka akan semakin bertambah, sebab mereka sudah kaya pengalaman. Tapi bagi seorang orator pemula atau siapa saja yang baru belajar berbicara di depan umum, menempatkan tangan yang tepat itu sebuah masalah tersendiri, bahkan masalah besar, biang dari bercucurannya keringat di atas panggung ber-AC. Sehingga ada pameo dalam dunia public speaking, “andai bisa dititip dulu kedua tangan ini, bagus dititip saja , sangat mengganggu.”

Ayo sama sama belajar bagaimana bagusnya membangun gesture saat berbicara.

1. Biasakanlah sadar akan gerakan tangan kita. Sebenarnya dalam berbicara sehari hari dengan teman atau kelompok kecil kita, tanpa sadar tangan kita bergerak sendiri. Ini refleks, tangan membentuk gesture nya sendiri tanpa kita arahkan. Cobalah memperhatikan diri kita. Gesture ini mau digerakkan secara sadar agar lebih atraktif

2. Gerakkan saja sesuai keinginan tangan saat anda masih pemula, jangan sekali kali anda menahan tangan anda untuk tidak bergerak. Biarkan saja, tapi ingat evaluasi setelah anda berbicara, jika ada video akan lebih baik. Akan Nampak dimana gerakan tangan kita berlebihan atau kekurangan. Dan ulangi lagi pada kesempatan selanjutnya . anda butuh banyak kesalahan untuk menjadi ekspert.

3. Jangan menunjuk orang pas di depan mukanya. Ini akan membuat seseorang akan jengkel dan berhenti mengikuti pidato kita, malah dia akan pergi pas kita asyik asyiknya pidato.

4. Dalam dunia public speaking, emosi yang keluar dari diri kita itu bersamaan keluarnya (simultan) . saat kita teriak “Merdeka” maka, suara, wajah, mata, kaki, tangan, jari jari, semua mengeluarkan ekspresi “Merdeka.” Sama seperti saat kita menceritakan hal sedih, semua juga akan sedih. Saat seperti ini, kita akan menggaet hati audience.

5. Kata-kata di atas podium tanpa ekspresi akan membuat pidato anda tidak menarik. Tapi kata kata yang berlebihan ekspresi juga tidak menarik dan cenderung terkesan over acting. Maka menakar gerakan tangan harus disadari.

6. Cobalah semua gerakan tangan dari hasil melihat orang lain memperlihatkan gesture nya. Jangan takut salah, lebih baik salah daripada tidak mencoba sama sekali

Ini tips yang bisa saya bagi, tips yang keseluruhannya lahir dari pengalaman sendiri, yang pernah kebingungan mau disimpan dimana tangan ini, yang pernah canggung naik podium, yang pernah pusing dimana tangan ditaruh saat mengucapkan salam, yang pernah berkeringat dingin lantaran tangan ini terlalu sering berputar putar saat berbicara. Dan untuk menaklukkannya perlu perjalanan panjang, pengalaman yang banyak, dan kesalahan yang tak terhitung.

Maafkan jika ilmunya biasa-biasa saja. Hanya sekedar ingin berbagi.

Salam santun dari Maros

Ima Fatimah

#TGM_60H#

#Mari berkarya#

#H_39#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, keren 6 tipsnya Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

20 Jun
Balas

Semoga bermanfaat Bu, saling berbagi informasi

20 Jun

Bermanfaat sekali bu Ima, makasih ilmunya

21 Jun
Balas

Sama-sama Bu. Semoga bermanfaat

22 Jun

makasi ibu Ilmu... nya..

20 Jun
Balas

Semoga bermanfaat Bu

21 Jun

Keren mencerahkan....terima kasih telah berbagi

20 Jun
Balas

Alhamdulillah semoga bermanfaat Pak

21 Jun

Keren..

20 Jun
Balas

Makasih Kakak kesayangan

21 Jun

Makasih Kakak kesayangan

21 Jun



search

New Post