ST. SHOBIBUL BAROKAH

St. Shobibul Barokah, S.Pd., merupakan anak ketujuh dari tujuh bersaudara. Lahir di kota Nganjuk. Memiliki hobi membaca dan menyanyi. Pendidikan tingkat atas d...

Selengkapnya
Navigasi Web
20,  Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian tiga)

20, Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian tiga)

20. Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian tiga)

Sintak pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus dikerjakan pada pembelajaran. Dengan adanya sintak, alur kegiatan pembelajaran menjadi jelas dan terstruktur.

Adapun langkah-langkah pembelajaran project based learning adalah sebagai berikut.

1. Menentukan pertanyaan mendasar

Sebelum masuk ke materi, guru harus memberikan pertanyaan mendasar terkait materi yang akan dipelajari. Pertanyaan tersebut bisa

diatimulua dengan gambar atau video terkait materi. Berdasarkan gambar maupun video yang diberikan, mereka bisa mengajukan pertanyaan.

2. Menyusun desain perencanaan proyek

Penyusunan desain proyek bersifat kolaboratif. Dalam hal ini diharapkan adanya kerjasama antara guru dan murid. Di dalamnya bisa mengandung beberapa hal misalnya aturan main, aktivitas, dan presentasi.

3. Membuat jadwal aktivitas

Setelah guru dan peserta didik menyusun desain perencanaan proyek dilanjutkan dengan membuat jadwal aktivitas. Adapun contoh jadwal aktivitasnya adalah sebagai berikut.

Memberikan batasan minimal pengerjaan

Menentukan batasan maksimal pengerjaan

Menentukan perencanaan baru untuk menyelesaikan proyek

Memberikan bimbingan bagi peserta didik yang menggunakan cara di luar proyek yang telah ditentukan.

4. Melakukan monitor pada perkembangan kinerja peserta didik

Selama peserta didik mengerjakan proyek yang ditugaskan, guru harus aktif memonitor kegiatan mereka. Guru harus mencatatnya dalam rubrik penilaian atau merekam selama proses berlangsung.Tujuannya adalah untuk menjaga agar suasana belajar tetap kondusif. Kegiatan monitor bisa dilakukan menggunakan alat perekam atau rubrik.

5. Menguji hasil kinerja peserta didik

Tingkat pencapaian peserta didik dalam menyelesaikan proyek yang ditugaskannya akan diuji dan dinilai oleh guru. Penilaian ini diharapkan bisa memberikan umpan balik bagi pemahaman peserta didik. Hasil kinerja juga bisa digunakan oleh guru untuk menyusun strategi pada pembelajaran selanjutnya.

6. Mengevaluasi pengalaman

Evaluasi pengalaman berupa refleksi dari kegiatan yang sudah dijalankan. Pada tahap ini guru bisa melakukan diskusi ringan dengan peserta didik terkait pengalaman selama mengerjakan proyek.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post