ST. SHOBIBUL BAROKAH

St. Shobibul Barokah, S.Pd., merupakan anak ketujuh dari tujuh bersaudara. Lahir di kota Nganjuk. Memiliki hobi membaca dan menyanyi. Pendidikan tingkat atas d...

Selengkapnya
Navigasi Web
21. Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian empat)

21. Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian empat)

21. Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian empat)

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris Kelas 9

Kompetensi Dasar

KD.3.1. Menerapkan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaannya.

KD.4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Topic: Congratulations Card

Alokasi waktu: 45 hari atau 1,5 bulan

Penentuan pertanyaan mendasar

Peserta didik diberikan gambaran tentang congratulations dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari ungkapan congratulations dalam sebuah dialog pendek, lalu diminta menuliskan rasa ingin tahunya tentang congratulations tersebut dalam bentuk pertanyaan. Contohnya, “apakah kita bisa membuat kartu congratulations yang indah dan menarik?”

Menyusun desain perencanaan proyek

Guru bersama peserta didik mulai membuat rencana awal tentang upaya untuk membuat kartu sebagai produk. Untuk aturan main pengerjaan proyek harus disusun secara kolaboratif antara peserta didik dan guru, misalnya bahan yang digunakan, lamanya waktu pengerjaan, dan proyek dilakukan individu atau berkelompok.

Membuat jadwal kegiatan

jadwal disusun oleh peserta didik agar proyek tersebut bisa selesai tepat waktu.

Berikut ini contoh timeline pengerjaan project based learning

Jadwal Rencana Aktivitas

1-3 Agustus guru memberikan tugas.

4-7 Agustus Siswa memahami kerangka proyek dan memulai perencanaan.

8-10 Agustus Sesi diskusi

11-18 Agustus Siswa Mengerjakan Proyek.

Mempelajari manfaat congratulations dalam kehidupan sehari-hari beserta cara untuk membuatnya, yaitu kartu.

Mempelajari struktur teks sebuah kartu

Studi literatur dari berbagai sumber.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Makasih ilmunya, Bun. Smg sehat dan bahagia selalu

20 Sep
Balas

Terima kasih

20 Sep



search

New Post