ST. SHOBIBUL BAROKAH

St. Shobibul Barokah, S.Pd., merupakan anak ketujuh dari tujuh bersaudara. Lahir di kota Nganjuk. Memiliki hobi membaca dan menyanyi. Pendidikan tingkat atas d...

Selengkapnya
Navigasi Web
22. Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian lima)

22. Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian lima)

22. Project Based Learning dalam Pelajaran Bahasa Inggris (bagian lima)

11-18 Agustus Siswa Mengerjakan Proyek.

Misalnya:

Mempelajari manfaat congratulations dalam kehidupan sehari-hari beserta cara untuk membuatnya, yaitu kartu.

Mempelajari struktur teks sebuah kartu

Studi literatur dari berbagai sumber, baik buku pelajaran, jurnal, website, dan sebagainya tentang cara pembuatan kartu ucapan (congratulations card).

19-21 Agustus mengawasi pelaksanaan proyek.

22-29 Agustus

Siswa masuk ke tahap penyelesaian proyek. Seperti:

Membuat kartu ucapan berdasarkan panduan yang telah diperoleh.

Mencatat atau mendokumentasikan setiap proses yang dilakukan saat membuat kartu.

30 Agustus

Tahap pengumpulan proyek, seperti:

Membahas ulasannya secara umum pada guru.

Mempresentasikan pembuatan kartu.

1-12 September melakukan penilaian.

13-15 September mengambil penilaian.

Kelebihan dan Kekurangan

Sama seperti model pembelajaran lainnya, model project based learning juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan ketelatenan peserta didik ketika pembelajaran.

Suasana belajar menjadi lebih menyenangkan karena peserta didiknya aktif.

Keterampilan peserta didik dalam mengelola suatu proyek semakin terasah.

Meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik.

Melatih sifat kolaboratif di dalam kelas.

Adapun kelemahannya adalah sebagai berikut

Waktu yang dibutuhkan lebih lama, sehingga guru harus bisa mengondisikan agar kelas tetap kondusif.

Perbedaan topik yang diberikan oleh guru bisa menimbulkan ketidakpahaman peserta didik tentang keseluruhan topik.

Proyek akan terhambat jika peserta didiknya pasif dan kesulitan dalam mengumpulkan data.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post