ST. SHOBIBUL BAROKAH

St. Shobibul Barokah, S.Pd., merupakan anak ketujuh dari tujuh bersaudara. Lahir di kota Nganjuk. Memiliki hobi membaca dan menyanyi. Pendidikan tingkat atas d...

Selengkapnya
Navigasi Web
25. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Narrative Text (8)

25. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Narrative Text (8)

25. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah: MTsN 4 Nganjuk

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris 

Kelas/Semester: 9/genap

Materi: Narrative Text

Alokasi Waktu: 2 Jam Pelajaran @80 Menit (1 x pertemuan)

A. Kompetensi Dasar

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks Naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairy tales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4-7. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan Teks Naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana terkait fairy tales.

B. Tajuan Pembelajaran 

1. Setelah melihat contoh teks Naratif, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks dengan baik secara mandiri 

2. Melalui diskusi, peserta didik dapat mengidentifikasi, menjelaskan, dan menyimpulkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks Naratif dengan tepat.

C. Materi Pembelajaran 

1. Fungsi sosial (social function)

Fungsi sosial Narrative Text adalah to amuse or to entertain the reader with a story. Narrative Text bertujuan untuk menghibur pembaca tentang suatu kisah atau cerita.

Jenis Narrative text:

Ada banyak jenis narrative text. Narrative text bisa berupa teks imajiner, faktual, atau kombinasi keduanya. Berikut ini jenis-jenis narrative text: fairy stories, mysteries, science fiction, romances, horror stories, adventure stories, fables, myths and legends, historical narratives, ballads, slice of life, personal experience. 

Struktur Teks (Generic Structure of Narrative text):

1.Orientation (Pendahuluan) 

Dimana karakter, setting, dan waktu cerita ditetapkan. Biasanya menjawab pertanyaan siapa? kapan? dimana? Misalnya: Once upon a time, there was a wolf lived in the forest.

2. Complication or problem

Menceritakan awal masalah yang menyebabkan krisis (klimaks). Complication biasanya melibatkan karakter utama.

3. Resolution

Akhir dari cerita yang berupa solusi dari masalah. Perlu adanya resolusi dari masalah. Masalah dapat diselesaikan dapat menjadi lebih baik atau malah lebih buruk, bahagia atau sedih. Kadang-kadang ada beberapa komplikasi yang harus dipecahkan. Hal ini menambah dan mempertahankan minat dan ketegangan bagi pembacanya.

4. Reorientation/Coda

Merupakan pernyataan penutup cerita dan bersifat opsional. Bisa berisi tentang pelajaran moral, saran atau pengajaran dari penulis.

2. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif

Unsur Kebahasaan (Language Feature):

1. Fokus pada Pelaku tertentu

Examples:

Cinderella

Snow White 

2. Ada beberapa Action Verbs, Verbal Processes dan Mentalr Processes. 

Action verb:

walk

run

ride

sit down

stand up

fight

think

cry

listen

play

read

laugh

Verbal processes:

told

said

asked

Mental Processes:

enjoyed

remembered

hated

3. Sering menggunakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.

4. Biasanya menggunakan past tense

5. Menggunakan Linking word (kata hubung) yang berhubungan dengan waktu.

linking word:

so

therefore

in my opinion

since

because

but

however

even though

although

though

If

whether

also

beside

or

in order to

2. Menggunakan descriptive language (bahasa diskripsi) Untuk membangkitkan imaginasi pendengar atau pembaca

7. Menggunakan Temporal Conjunction

as

at first

at once

before

finally

while

meanwhile

now

then

until 

when 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post