Suci haryanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Penokohan (gurusiana 100)

Penokohan dalam penulisan novel atau cerpen sangat penting.

Karena tokoh akan menjadi wujud fantasi bagi pembaca, dan penulisnya.

Pembaca akan merasa lebih menghayati, seolah ada ikut menyaksikan saat itu, kejadian itu, bahkan jatuh cinta pada sang tokoh? Kenapa tidak? Itu bisa saja.

Seorang penulis menggambarkan tokoh dengan karakter yang kua, dan penggambar fisiknya juga bagus. Akan meyakinkan pembaca dalam fantasi yang tidak gamang.

Bagaimana menentukan tokoh agar bisa lebih sesuai dan natural? Aneh bukan, jika pada part awal di tuliskan Jelita tokoh utama seorang guru, ternyata ketika ditengah Jelita. menjadi tenaga medis, tanpa ada narasi bahwa Jelita sudah mulai menekuni bidang kesehatan atau tidak ada dialur cerita. Dikarena penulis lupa. Nah...ini harus di waspadai...

Cara yang paling aman adalah membuat, merancangnya dari Awal.

Dengan menentukan penokohan menjadi beberapa bagian, dalam satu tokoh.

Seperti:

1. Nama

2. Ciri fisik

3. Sifat

4. Hobi

5. Yang dibenci

6. Pekerjaan / profesi

7. Status

8. Usia

Dengan begini akan lebih memudahkan penulis dalam pendeskripsian tokoh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post