Suci haryanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Show Don't Tell (gurusiana 84)

Show Don't Tell (gurusiana 84)

Show Don't Tell ada yang sudah pernah tahu?

Ya..! Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan "menunjukan, bukan memberitahukan" ini adalah tehnik dalam menulis.

Sebagai penulis yang masih sangat miskin ilmu penulisan, saya terus mencari tahu, bagaimana menghasilkan tulisan yang renyah, serenyah ayam goreng kriuk-kriuk. Tehnik ini yang saya selusuri dengan seksama. Dalam menulis non fiksi.

Ketika memposting sebuah cerita fiksi saya pernah mendapat kritik, tentang perasaan. Nah.. ! Setelah saya membaca beberapa buku dan artikel tentang menulis baru saya temukan jawabannya, ternyata ini tooh...! Show don't Tell. "penasaran, apa yang dikritik?"

Setelah saya posting tulisan, saat itu saya menceritakan kemarahan seorang Ibu tiri yang galaknya level 5, kebayanglah..bagaimana si ibu tiri tehadap anaknya bernama Bela, Anak berumur 5 tahun, masih imut-imut, menggemaskan, lucu, dan sangat ceria. Saat itu saya hanya menuangkan apa yang ada di isi kepala saya, kemarahan dengan garang dan meledak-ledak. Hanya saja, saya menulis kurang bisa mengerti ilmunya, sebagai dalih 'orang eksak' padahal mah sayanya aja yang belum belajar banyak penulisan yang baik. Saya menulis 'Aku benar-benar Marah!' ini adalah Tell (memberitahukan) seharusnya tidak seperti ini, tidak menulis kata sifat secara langsung, tetapi mendeskripsikan dengan baik, Seperti 'Aku menatap tajam kearahnya, seperti puluhan anak panah menghujam tepat dijantungnya, Bela tertunduk lemah, tubuhnya yang kecil menggigil, luapan rasa takut yang mencekam' inilah Show. Yang seharusnya saya tulis.

Ya. Sebuah kesalahan akan membekas dan menguatkan tekad kita untuk jauh lebih baik. Begitupun dengan menulis. Hari ini tulisan kita mungkin kurang bagus, namun kedepannya yakinlah tulisan kita akan jauh lebih bermakna bukan sekedar bagus.

Okray...! Semangat menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantul

06 Jun
Balas

Sipp

07 Jun

Mantap Bu, kita sama2 terus belajar menulis ya

07 Jun
Balas

Siap

07 Jun

Mantap bu. Terima kasih iilmunya. Smg tetap menulis dan. menulis

12 Jun
Balas



search

New Post