Suci Imbarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangun Kegemaran Membaca pada Siswa Kelas 1

Membangun Kegemaran Membaca pada Siswa Kelas 1

Sulitkah mengajak anak kelas 1 membaca ? Bisa ya , bisa juga tidak . Tergantung bagaimana guru mengolah dan mengajak mereka untuk gemar membaca. Satu hal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam membiasakan siswa suka membaca adalah menarik perhatian anak - anak. Banyak cara yang bisa dilakukan , diantaranya : 1. Membacakan dongeng Guru membacakan dongeng untuk anak - anak ,tentunya dongeng yang menarik bagi mereka. Sampai pada waktu yang ditentukan , pembacaan dongeng pastilah tidak selesai. Saat itulah guru bisa menyambung kembali di hari berikutnya. Anak - anak pasti akan penasaran untuk mendengarkan kembali dongeng tersebut. Keadaan inilah yang memancing mereka untuk membacanya sendiri. 2. Berburu kata dengan huruf tertentu Guru bisa menyiapkan buku bacaan , atau di dalam kelas sudah ada perpustakaan kelas yang memang disediakan bagi anak - anak. Biarkan anak mengambil satu buku bacaan yang mereka sukai.Kemudian berikan waktu pada mereka selama 15 menit untuk berburu kata yang berhuruf " s " misalnya dalam buku tersebut. Maka secara otomatis mereka akan membaca dari halaman awal untuk mencari kata yang di maksud.Sudah menjadi karakter siswa kelas 1 tidak ingin kalah dengan temannya . Mereka akan memburu kata sebanyak banyaknya dalam buku buku bacaan. Kegiatan itulah yang sudah kami terapkan di sekolah , sehingga sampai saat ini tanpa diberi tugaspun setiap ada kesempatan mereka akan mencari buku bacaan di sudut baca.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat bu Guru :)

22 May
Balas

terima kasih,...

23 May

Selalu suka deh sama orang-orang yang terus dan nggak kenal lelah untuk menggerakan minat membaca. Semoga semangat kalian nggak akan pernah padam ya untuk terus membuka jendela dunia melalui membaca. *Cheers*

22 May
Balas

makasih.....

23 May



search

New Post