Suci Imbarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Susahkah Mencintai Budaya Lokal ?

Hari ini ,Minggu 8 April 2018 sebagian siswa kelas 1 dan kelas 4 ikut mensukseskan PATI TOURISM TOUR dengan kegiatan One Day Tour ,dalam rangka mengenalkan obyek wisata di kabupaten Pati. Adapun obyek yang akan dikunjungi adalah : Goa Pancur ,Makam Syehk Jangkung , Pasar Pragolo Pati , Agrowisata Jollong dan Gunung Rowo. Tepat jam 07.00 WIB 29 siswa didampingi oleh 4 guru pendamping , ibu Suci Imbarwati , Ibu Sunarni ,Ibu Endang Aspiatun dan ibu Eko Budiyanti berangkat dari halaman SD Negeri Pati Kidul 01 menuju Taman Agrowisata Jollong.Perjalanan yang sangat mengesankan , karena di samping kanan kiri travel yang mengantar anak anak yang tampak adalah jurang yang sangat dalam.Sungguh perjalanan yang membuat jantung berdetak kencang .Sesekali terdengar jeritan anak - anak ketika mobil yang kami tumpangi berpapasan dengan kendaran lain. Tak butuh waktu lama , sampailah di tempat tujuan .Tampak pemandangan yang luar biasa .Hamparan hutan yang masih lebat tampak dikejauhan . Ternyata Indonesiaku masih hijau dan semoga selalu begitu. Setelah memarkir kendaraan , anak anak berjalan menuju tempat tempat yang disarankan oleh petugas.Beberapa anak menuju ke tempat terapi ikan ,kemudian dilanjutkan ke wahana outbond.Banyak jenis mainan yang mendidik dan menantang keberanian anak - anak.Sekitar 3 jam cukup bagi anak - anak untuk bermain sampai puas. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Gunung Rowo . Perjalanan hanya ditempuh dalam waktu setengah jam.Disana anak - anak bisa melihat hamparan air yang tertampung dalam sebuah rawa .Karena letak rawa yang ada di atas gunung , maka tempat ini dinamakan Gunung Rawa. Sambil berjalan mengelilingi waduk dengan didampingi pemandu wisata , tampak anak - anak semangat untuk bertanya. Itulah mereka , rasa ingin tahunya tinggi sekali .Apalagi mereka belum pernah berkunjung ke tempat - tempat wisata di sekitar kota Pati. Perjalanan tak berhenti sampai di situ , turun dari Gunung Rowo , dilanjutkan ke Pasar Pragolo Pati , sambil makan siang , disediakan stan pameran hasil karya orang Pati dan pentas seni siswa Sekolah Menengah dan Atas . Baru perjalanan dilanjutkan kembali ke Goa Pancur di daerah Jimbaran Kayen . Kembali kami ditunjukkan kebesaran karya Allah yang luar biasa. Sebuah Goa di atas pegunungan Kendeng yang didalamnya mengalir sungai dengan kedalaman yang tidak diketahui. Allahuakbar... disekitar goa ada danau kecil , dan hutan jati yang mengelilingi ,tampak adem dan sejuk.Dilengkapi dengan outbond untuk pengunjung yang berjiwa pemberani . Sayangnya penataan tempat wisata belum bagus ,jadi terkesan semrawut. Apa hal ini ya..yang membuat masyarakat sekitar kurang tertarik untuk balik lagi berkunjung kesana? Kalau sudah begini , siapa yang bertanggung jawab ? Susahkah mengenal budaya Lokal ? Seharusnya anak anak mengenal dulu tempat wisata di daerah sendiri , sebelum yang lainnya . Tapi keadaan berbalik , karena mereka lebih mengenal tempat wisata yang ada di luar kota misalnya pantai Marina , atau bahkan TMII . Kebanggaan mereka tampak dari caranya bercerita pada teman. Kalau pantai saja, di sekitar kota Pati juga ada , kan ? Misalnya pantai Kartini ,kalau dikelola dengan baik , pastilah lebih menarik dari pantai Marina..lebih murah dan lebih dekat. Kalau orang tua atau guru mengajak anak - anak atau muridnya berkunjung ke tempat wisata di sekitar kabupaten Pati , lama - lama akan lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat .Terlebih lagi jika pemerintah daerah selalu turun tangan untuk meningkatkan pelayanan bahkan perbaikan fasilitas tempat wisata. Yakinlah tak butuh waktu lama , tempat wisata di daerah kabupaten Pati akan membudaya di hati orang Pati.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post