Suci Rahayu S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
NGAJI 'BARENG' TEKNOLOGI

NGAJI 'BARENG' TEKNOLOGI

NGAJI “BARENG” TEKNOLOGI

Oleh : Suci Rahayu

Dunia pendidikan di era globalisasi menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan. Perkembangan teknologi dan informasi sangat mendukung terciptanya atmosfir proses pembelajaran di lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.Hal ini dapat dirasakan oleh peserta didik maupun orang tua peserta didik. Mereka dapat mengakses semua yang berhubungan pembelajaran yang diselengarakan oleh sekolah maupun kegiatan diluar sekolah.

Perkembangan Teknologi yang pesat di dalam dunia pendidikan ini berawal dari adanya Pandemi Covid -19 yang menyebabkan siswa belajar di rumah, sementara proses pembelajaran harus terus dilaksanakan demi terlaksananya kegiatan belajar meski dalam masa Pandemi.

Situasi pembelajaran online di masa Pandemi menyisakan hal yang positive, diantaranya peserta didik sudah terbiasa menggunakan alat komunikasi seperti handpone ataupun lap top dalam pembelajaran dan mengerjakan tugas mereka. Materi ataupun tugas selalu mereka kerjakan dan mereka upload melalui alat komunikasi yang ada.

Di sisi lain, sebagai guru pengampu pelajaran muatan lokal Baca Tulis Alquran, saya juga tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi . Dalam hal ini saya melakukan pemebelajaran melalui beberapa tahap. Pembelajaran Alquran yang terdiri dari Teori, praktek, demonstrasi ,evaluasi dan project dapat terimplementasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu melalui jaringan seluler ataupun laptop. Saya membuat Grup BTA untuk masing-masing kelas.

Pada tahap awal, mereka mendapatkan materi secara manual, dengan mmendengarkan secara langsung contoh bacaan ayat-ayat Alquran yang saya baca. Berikutnya mereka menirukan dan membaca secara bersama-sama. Saya melakukan penilaian dengan cara siswa mengirim tugas secara online melalui Voice note di Grup WA yang tersedia.Dalam waktu dua hari tugas harus sudah masuk grup dan saya menilainya.

Berikutnya, Materi pembelajaran melalui Video qori / qori’ah yang membacakan ayat-ayat Alquran dengan lagu tertentu, saya putarkan untuk mereka. Saya minta mereka bisa mengikuti dan memperhatikan bacaan dan lagu yang disajikan di video itu. Selanjutnya mereka menirukan dan membaca ayat ayat Alquran seperti dicontohkan melaui video itu. Dari kegiatan pembelajaran itu, mereka mendapatkan pengetahuan baru tentang lagu dan menambah wawasan sehingga mengenal Qori’ atau Qori’ah yang mempunyai prestasi di bidang Alquran di tingkat Nasional ataupu Internasional.

Bagi saya, menerima tugas voice note di media social WA yang dikirim pserta didik sudah menjadi hal yang biasa, akan tetapi karena jumlah grup dari seluruh kelas berjumlah duapuluh empat kelas, dan setiap kelas rata rata berjumlah tiga puluh peserta didik, maka bisa dibayangkan, jika setiap peserta didik mengirim tugas beserta keterangan identitas diri mereka, maka sungguh amat berat kerja ponsel saya dalam menampung tugas mereka.

Saya terus melakukan inovasi dan mencari-cari bagaimana supaya saya bisa menghemat ruang dalam posel saya ketika mereka secara bersama –sama mengirim tugas secara online melalui grup WA yang selama ini telah menjadi sarana belajar.

Sehingga pada suatu hari, saya berjumpa dengan seorang kawan yang juga seorang guru dan masih menempuh studi secara online. Kami saling bertukar pengalaman dan cerita suka duka masing-masing dengan tugas dan kegiatan saya dan dia.. Ketika membahas tentang tugas peseta didik, disitulah pembicaraan saya dan dia, menemukan titik temu dan saling menginformasikan bagaimana selama ini menjalani tugas masing-masing. Saya sangat berbahagia dan serasa menemukan cara untuk mengurangi beban ruang dalam ponsel saya . Ternyata teknologi dapat meringankan beban saya dalam menerima tugas pesert didik yang banyak dan tugas yang bersamaan.

Mulai saat itu saya meminta peserta didik saya untuk menggunakan Google Vocaroo . Fitur ini sangat membantu saya , karena tugas yang merek kirim saat ini bukan lagi melalui voice note melainkan hanya link saja yang saya terima, jadi ponsel saya aman, tidak mempunyai beban berat lagi… Alhamdulillah…inilah manfaat Ngaji “Bareng” Teknologi. ***(uci20/3’23

Biografi Penulis

Suci Rahayu, Lahir di Jember, 06 November 1967. Guru MTsN 2 Jember, Mulai belajar menulis sejak mengikuti Diklat Jurnalistik Media Guru di Jember tahun 2022 di Kantor PGRI Jember. Mengikuti Sagusabu Media Guru di MTsN 2 Jember th 2022. Mengikuti Pelatihan Menulis Kreatif Buku Bermutu IPP Jatim dan Media Guru di Jember. Dapat dihubungi di No 085330206403 dan Face book Suci Rahayu, serta alamat Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post