Suci Rahayu S.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SISWA HEBAT CERMIN GURU HEBAT

SISWA HEBAT CERMIN GURU HEBAT

SISWA HEBAT CERMIN GURU HEBAT

Oleh : Suci Rahayu,S.Pd.

Pendidik adalah profesi yang sangat mulia, Pendidik bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan melainkan mendidik secara menyeluruh. Pendidik mengajarkan ilmu sesuai potensi dan kemampuan di bidangnya masing-masing, Pendidik memotivasi semangat belajar siswanya, membangun disiplin dan tanggung jawab, membangkitkan gairah dan semangat belajar serta menggali bakat siswa baik yang sudah terlihat maupun bakat terpendam yang ada pada siswanya.

Saya memilih profesi pendidik karena dengan menjadi seorang pendidik saya ingin mengabdikan diri dan berbagi ilmu agar menjadi orang yang bermanfaat dan mendapat amal jariyah dalam hidup saya dan menjadi bekal kelak saat berpulang kepada Allah. Salah satu amal yang tidak terputus pahalanya ketika sudah kembali kepada Allah adalah amal jariyah. Ilmu adalah salah satu sumber amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.

Sebagai seorang pendidik, saya harus mampu menjadi contoh dan teladan bagi siswa atau anak didik saya. Saya harus mampu memotivasi dan membangkitkan semangat belajar serta dapat menggali bakat dan minat siswa untuk mendalami salah satu keterampilan atau keahlian mereka. Saya termasuk salah seorang Penggiat keterampilan Seni Baca Alquran atau Tilawah dan Tartil di MTsN 2 Jember. Seni Tilawah dan Tartil adalah cabang dari Ilmu Alquran yang mengedepankan bacaan Alquran dengan keindahan suara dan lagu. Dalam mengajar dan melakukan penilaian, saya selalu memperhatikan setiap siswa yang membaca Alquran, terutama di bidang Lagu dan suara, dari hasil pengamatan itulah saya memilih beberapa siswa yang terbaik untuk dibina dan dilatih baik tartil maupun tilawah. Latihan yang istiqomah dan kontinyu InsyaAllah akan membuahkan hasil yang terbaik.

Pada suatu hari, sebuah lembaga ternama di Kabupaten Jember, dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam, satu Muharrom mengadakan event lomba yang beberapa cabang lombanya merupakan cabang lomba yang membuka kesempatan buat siswa saya untuk ikut berkiprah di dalamnya.Yaitu Cabang Tilawah dan Tartil. Untuk lomba cabang tartil, saya memilih dua siswa saya bernama Afif Afandi Firdaus dan Yudha Cahya Wilaksana. Saya berusaha memotivasi dan menyemangati agar selalu berlatih dengan rutin baik dirumah maupun di sekolah dalam binaan saya. Saya tidak pernah merasa bosan atau capek meski harus menambah jam mengajar di luar jadwal, karena dengan penuh keyakinan dan dengan diiringi doa, saya yakin siswa saya bisa meraih kemenangan.

Demikian juga dengan cabang Tilawah, saya mempersiapkan beberapa siswa yang berbakat, Muhammad Nabil dan Moch.Daffa Rhizba Rhiezqullah. Untuk Cabang Tilawah, saya berkolaborasi dengan guru Pembina Ekstrakurikuler MTsN 2 Jember Ustadz Zaini Imron sebagai Pelatih bidang Tilawah. Mereka mengikuti pembinaan secara rutin dan berlatih dengan rajin. Pada hari dan tanggal yang telah ditentukan, tibalah pelaksanaan lomba MTQ itu dan mereka semua tampil dengan kemampuan dan kepercayaan diri mereka yang telah dipersiapkan dengan baik.

Usai pelaksanaan lomba, pengumuman dibacakan oleh pembawa acara dan dipanggil nama-nama pemenang dari tiap cabang lomba. Alhamdulillah Qodarullah, untuk cabang Tartil, Afif Afandi Firdaus berhasil menjadi Juara Pertama. Kemudian pada cabang Tilawah Mohammad Nabil berhasil menjadi Juara Harapan Kedua. Puji syukur kehadirat Allah atas keberhasilan mereka dan ada rasa haru menghampiri dan menghiasi perasaan saya sebagai pembina. Kebahagiaan yang luar biasa, kerja keras yang tidak sia-sia. Rasa lelah tiada terasa, semua terbayar dan terobati dengan keberhasilan mereka yang menjadi sang juara. Menggali bakat siswa yang kuat, menjadikan siswa yang hebat. Siswa hebat adalah cerminan guru yang hebat. **(uci Nov’22)

Biografi Penulis

Suci Rahayu, Lahir di Jember, 06 November 1967. Guru MTsN 2 Jember, Mulai belajar menulis sejak mengikuti Diklat Jurnalistik Media Guru di Jember tahun 2022 di Kantor PGRI Jember. Mengikuti Sagusabu Media Guru di MTsN 2 Jember th 2022. Dapat dihubungi di No 085330206403 dan Face book Suci Rahayu, serta alamat Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post