Suci Yanti

Guru SMK Negeri 5 Pangkalpinang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelatihan Asyik Artificial Inteligence ( AI)  Bersama  Edukati

Pelatihan Asyik Artificial Inteligence ( AI) Bersama Edukati

Guru di era millennial perlu meningkatkan kompetensi keprofesionalannya dalam meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan pembelajaran yang menarik dan asyik bagi siswa sebagai peserta didik,seiring perkembangan teknologi guru juga harus bisa memposisikan diri sebagai agen of change  dalam pembelajaran. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan guru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dalam rangka menunjang pembelajaran yang mengacu kepada kurikulum Merdeka Belajar,Konsep Merdeka Belajar yang sudah dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi ( Kemendikbudristek) sesuai arahan  Bapak Menteri Nadiem Anwar Makariem   yang telah meluncurkan Kurikulum Merdeka pada tanggal 11 Februari 2022 secara daring. Ia mengatakan Kurikulum Merdeka ini merupakan kulrikulum yang jauh lebih ringkas,sederhana dan lebih fleksibel untuk bisa mendukung leraning loss recovery akibat pandemic covid-2019. Selain itu melalui kurikulum Merdeka juga untuk mengejar ketertinggalan Pendidikan Indonesia dari negara-negara lain. Menjawab tantangan tersebut SMK Negeri 5 Pangkalpinang  berupaya untuk memberikan pelayanan dalam peningkatan mutu bagi guru yang ada disekolah dalam memaksimalkan kegiatan pembelajaran .

Bekerjasama dengan Edukati di bimbing oleh narasumber  hebat dan professional  Dr. Djadja Achmad Sardjana ST.MM ( Dewan Pakar IGI Jawa Barat ) yang akrab disapa Pak Djaja . Pelatihan dilaksanakan  secara Daring ( online) selama 3 hari Jumat sampai Minggu  tanggal 24 – 26 Februari  2023  diluar jam pembelajaran  tepatnya dilaksanakan sore hari dalam suasana  yang santai dan asyik sambil menikmati weekend . Kegiatan Pelatihan ini diseuasikan dengan kebutuhan para guru unytuk menunjang pembelajaran dengan Tema Pemanfaatan  Artificial Inteligence ( AI) dalam Pembelajaran.  Pemnafaatan AI dalam dunia Pendidikan sebagai  media karena kehadiran teknologi AI merupakan terobosan dibidang teknologi untuk memudahkan pembelajaran.Penggunaaan teknologi dengan bijak dan terkendali dapat memicu  akselerasi kemunculan teknologi Kecerdasan Buatan ( Artificial Inteligence ) juga dapat menanamkan sifat mandiri dalam diri siswa atau peserta didik.

Kegiatan Pelatihan di SMK Negeri 5 Pangkalpinang ini didikuti oleh tenaga pendidik dengan materi program mengacu kepada standar kurikulum  Adapun kegiatan yang dilakuakan peserta pelatihan  dapat memanfaatkan android sebagai sarana pemanfaatan AI   menggunakan aplikasi youtobe, Instagram, wordpress dan lain-lain ,  Pemanfaatan  Chat Gpt untuk membantu dalam membuat tulisan atau artikel yang dapat menunjang tugas guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjuatan (PKB) bagi guru  untuk digunakan dalam usulan kepangkatan dalam  Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif  bisa diaplikasikan dalam  bentuk artikel ,karya ilmiah dan tulisan sejenis lainnya . Selain itu pemanfaatan AI dalam digunakan dalam pengembangan media pembelajaran yang ,menarik bagi siswa seperti aplikasi-aplikasi Powtoon ,Book Creator dan lain-lainnya. Pemanfaatan AI sangat penting dalam rangka menunjang kegiatan guru dalam pembelajaran agar guru semakin kreatif dalam mempersiapkan pembelajaran yang asyik dan menarik bagi siswa .

Program tindak lanjut dalam pemanfaatan Artificial Inteligence ( AI) terutama dalam mengaplikasikannya dalam pembelajaran sejarah.  Desain pembelajaran  mulai dari pengenalan AI kepada siswa dan mempopulerkan pemanfaatan AI dalam dunia Pendidikan , membuat program kegiatan berbasis AI menggunakan Chat GPt agar siswa lebih mandiri dan kreatif mencari sumber bacaan dan literasi sehubungan dengan materi dalam pembelajaran , Membuat media pembelajaran berbasis AI dan Mengaplikasikan AI di setiap pembelajaran.Contoh salah satu pemanfaatan AI yang sudah dilakkukan memanfaatkan Media Powtoon dalam pembelajaran ternyata lebih menarik dan membuat siswa semakin aktif dan kreatif.

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Artificial Inteligence (AI ) memberikan dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pembelajaran  disekolah tertutama bagi siswa yang sudah familiar dengan dunia digital  dan melahirkan generasi digital yang memberikan karya terbaik bagi perkembangan Pendidikan di Indonesia.

#Pemanfaatan Artificial Inteligence (AI) Dalam Pembelajaran  # Edukati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Konten yang menarik dan menginspirasi serta memotivasi guru lainnya

01 Mar
Balas



search

New Post