SUGENG PUJIARTO

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar Sumatra 2 Reportase

Webinar Sumatra 2 Reportase

Terobosan di Masa Pendemi

Oleh : Sugeng Pujiarto, S.Sos.

Kegiatan daring yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB yang di taja oleh Media Guru Indonesia bersama Indosat menuai antusias peserta guru penulis. Berebut masuk ke ruang zoom agar bisa mengikuti kegiatan Webinar Sumatra 2. Semua menyimak materi yang disampaikan para narasumber dengan seksama. Menghadirkan 4 narasumber, yaitu Dra. Eliyarni dari SMPN 2 Koto Besar Kabupaten Dharmasraya, Endah Wijayanti, SS., M.M., dari SMAN 77 Jakarta, Mahniar Sinaga, S.Si., S.Pd., dari SD Plus Darul Ilmi Murni Deli Serdang, Sumatra Utara, dan Mualdin Sinurat, M.Pd., dari SMP Swasta Putri Cahaya Medan, Sumatra Utara.

Keempat narasumber menceritakan pengalaman awalnya tertarik menjadi seorang guru penulis. Banyak hal yang telah dilalui para narasumber untuk menjadi penulis. Ibu Mahniar menceritakan pengalamannya menggerakan literasi pada anak didiknya yang masih duduk di bangku SD. Terdapat siswa yang berbakat namun terkendala dengan kondisi perekonomian keluarganya. Beliau selaku penggerak literasi di sekolahnya terus berupaya agar bakat yang dimiliki siswanya tersalurkan dalam karya buku. Beliau berusaha mencari sponsor finansial. Kondisi perekonomian bukan menjadi penghalang untuk berkarya.

Tak beda jauh dengan pemaparan narasumber selanjutnya. Ketiganya berbagi pengalaman awal ketertarikannya dengan dunia tulis menulis buku. Liku-liku semua dihadapi dengan tekad yang kuat. Berbagai kendala di lapangan selalu dianulir dengan hal-hal positif.

Pada sesi tanya jawab salah satu partisipan ada yang mengungkapkan problem menggerakan siswanya untuk berliterasi dengan membuat buku, baik antologi maupun sendiri, tetapi tidak mendapatkan respon. Semangat menggerakan literasi pada siswanya terus digelorakan dengan berbagai trik dan intrik agar siswanya tergerak. Tiga kali sesi pertanyaan di buka oleh Pak CEO. Banyak pertanyaan yang muncul pada chat Zoom, tetapi karena keterbatasan waktu maka CEO membatasi setiap penanya ditunjuk dan hanya berkesempatan mengajukan satu pertanyaan.

Akhirnya kegiatan Webinar berakhir dengan kesimpulan dan motivasi dari para narasumber. Terus semangat menggerakan literasi karena karya akan di tinggal sampai ajal menjemput. Karya akan terus ada walaupun penulisnya sudah tiada.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam setengah itu diikuti dengan antusias oleh seluruh partisipan. Antuasias partisipan berlanjut ke WAG dengan berbagai pose unggahan foto selfie dan saling berkenalan. Salam literasi !.

Link Video Webinar Sumatra 2 :

https://youtu.be/Qq7Z7bhDyg4

Dabo Singkep, 19 Mei 2020 : 15.21

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pak. Salam literasi.

21 May
Balas

Mantap pak

20 May
Balas



search

New Post