SUGIARTI

Sugiarti adalah pengajar Biologi di SMAN 5 Depok sejak tahun 2004, Penulis 10 buku Biologi untuk SMA, Juara 1 Guru berprestasi Kota Depo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan Hari Ke-11PELANTIKAN TAMU AMBALAN SATRIA SRIKANDI PANCAJAYA
TamuAmbalan

Tantangan Hari Ke-11PELANTIKAN TAMU AMBALAN SATRIA SRIKANDI PANCAJAYA

PELANTIKAN TAMU AMBALAN AMBALAN SATRIA SRIKANDI PANCAJAYA

Oleh : Sugiarti, Pembelajar dari Depok

Penerimaan Tamu Ambalan adalah kegiatan untuk menerima warga ambalan baru yang berasal dari berbagai SMP (Penggalang) untuk menjadi pramuka penegak di SMANegeri 5 Kota Depok. Pelaksanaan kegiatan PTA pada Jumat tanggal 12 Maret 2021 yang bertempat di SMA Negeri 5 Kota Depok. Kegiatan PTA 2021 melibatkan kelas 10 SMA N 5 Kota Depok sebagai peserta, panitia PTA dari Bantara dan Laksana kelas 11 dan kelas 12, serta panitia dari guru pendamping. Rangkaian kegiatan PTA tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Masa pandemi Covid tak mampu menyurutkan semangat siswa siswa untuk tetap melaksanakan kegiatan penerimaan Tamu Ambalan. Panita kegiatan PTA tetap mengarahkan agar tamu ambalan memiliki jiwa penegak yang berkarakter baik. Secara umum kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan PTA 2021. Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai dengan protocol kesehatan yang ketat sehingga menjaga kesehatan lebih diutamakan. Peserta menikmati rangkaian kegiatan dengan ceria, senang, serta antusias, mereka juga terlihat sangat bersemangat dari awal hingga akhir.

Keunikannya PTA yang bertempat di SMA Negeri 5 Kota Depok sangat sakral. Peserta lebih aman dan mudah dikontrol, fasilitas dan kebutuhan kegiatan mudah diorganisir serta keselamatan lebih bagus dan terjamin. Peserta tidak membangun tenda untuk tidur dan dilaksanakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, sangat efektif dan efisien. Peserta tamu ambalan yang semula adalah penggalang sekarang sudah menjadi penegak , karena PTA ini merupakan pintu gerbang yang harus dilalui untuk menjadi pramuka penegak.

Semoga kegiatan PTA dapat mendorong semangat peserta anggota pramuka untuk meraih cita-cita hingga memperoleh puncak sebagai penegak garuda. Berdasarkan surat edaran bahwa perguruan tinggi negeri seperti IPB menerima jalur seleksi masuk PTN melalui jalur prestasi Pramuka yang telah berhasil menyandang pramuka garuda. Informasi lainnya bahwa calon mahasiswa adalah lulusan SMA/MA pada peminatan MIPA dan SMK pertanian/kehutanan yang aktif sebagai anggota gerakan pramuka setidaknya dewan ambalan seperti ketua dewan ambalan atau pradana, sekretaris ambalan (kerani), hartaka atau juru uang (bendahara), atau sebagai pemangku/juru adat. Dewan kerja dari tingkat ranting (DKR), cabang (DKC), daerah (DKD), dan nasional (DKN) juga menjadi prioritas. Peluang jalur prestasi pramuka ini terbuka bagi anggota pramuka di Jawa Barat. Untuk mendapatkan rekomendasi dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, yang bersangkutan harus menyampaikan persyaratan antara lain Pengantar/ Rekomendasi dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka yang bersangkutan, Prestasi sebagai Ketua Dewan Ambalam/ Dewan Kerja, fotocopy Surat Keputusan yang telah dilegilisir, Prestasi Pramuka Garuda, fotocopy Sertifikat Pramuka Garuda yang telah dilegalisir oleh Kwartir Cabang yang bersangkutan, dan fotocopy SKU Penegak, Prestasi Lomba Kepramukaan, fotocopy Sertifikat/ Piagam yang telah dilegalisir oleh penyelenggara lomba.

"Hendak mendaftar kuliah ke IPB melalui jalur prestasi kepramukaan menyerahkan dokumen atau berkas pendaftaran ke sekretariat Kwarda Jawa Barat di Bumi Kitri, Jalan Cikutra No. 276A Bandung, dokumen atau berkas yang masuk dan diterima oleh Kwarda Jawa Barat akan diverifikasi dan diseleksi sebelum diterbitkan rekomendasi" Ucap Abdul Azis selaku Wakil Ketua Bidang Humas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur . Hasil seleksi dan verifikasi dokumen/berkas calon mahasiswa masuk IPB jalur prestasi kepramukaan akan diumumkan dan diinformasikan secara langsung kepada calon mahasiswa yang mendaftar.

Kwarda Jabar dan IPB telah menyapakati kerjasama strategis dalam pembinaan generasi muda. IPB memilih Pramuka Jawa Barat sebagai mitra untuk pelaksanaan salah satu tridarma perguruan tinggi. IPB pun menentukan standar minimal bagi kalangan pramuka berprestasi sebagai salah satu bentuk prestasi Internasional dan Nasional.

Ikhlas Bakti Bina Bangsa, Berbudi bawa Laksana.

Salam pramuka !!!!

Depok

12 Maret 2021

4:50 PM

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post