SUGIARTI

Sugiarti adalah pengajar Biologi di SMAN 5 Depok sejak tahun 2004, Penulis 10 buku Biologi untuk SMA, Juara 1 Guru berprestasi Kota Depo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tantangan hari ke-8   BADEN POWELL  DALAM  FILATELI KEPANDUAN

Tantangan hari ke-8 BADEN POWELL DALAM FILATELI KEPANDUAN

Ka Sugiarti (Andalan Ranting T.D Kwarran Sawangan Depok sekaligus Pembina Putri dari SMAN 5 Depok)

Pada tanggal 22 Februari 2011 bertepatan dengan Bapak pandu Dunia atau Scouth Founder’s Day tanggal 22 Februari serta bertepatan dengan hari perayaan hari kelahiran Baden Powell yang ke-164 serta Olave St Clair Baden-Powell yang ke-132 dan juga hari kepanduan dunia yang ke -114. Baden Powell dan Olave adalah pasangan sehidup semati yang memiliki kelahiran sama beserta tanggal kematian sama serta ditempatkan di makam yang sama yaitu di Kenya. Di Indonesia peringatan hari Pramuka setiap tanggal 14 Agustus yang sebelumnya dikenal dengan nama gerakan kepanduan. Gerakan kepanduan memiliki sejarah panjang di International dan mempunyai sebutan Internasional yaitu Scouting atau Scout Movement.

Filatelis dan kolektor merupakan kata yang memiliki makna yang berbeda. Kolektor adalah orang yang mengumpulkan benda-benda yang sangat mengesankan dalam hidupnya. Para Kolektor sejati akan mengumpulkan benda yang dikumpulkan serta akan mengetahui sejarah barang yang dikoleksi, merawat serta akan menjaga sedemikian rupa agar tetap terjaga keberadaananya. Manfaat koleksi diantaranya menumbuhkan sikap positif, menambah pengetahuan karena mendorong untuk mengetahui latar belakang barang yang dikoleksi, menyeimbangkan stress , meningkatkan kreativitas yang mengasah otak kanan dan kiri agar seimbang dalam tata letak filateli serta yang paling utama menambah persahabatan dan persaudaaraan .

Filateli secara Bahasa berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yakni philos yang memiliki arti teman dan ateleia yang artinya pembebasan. Filateli dapat memiliki arti bahwa satu keeping prangko yang menanyatakan bahwa si penerima benda pos bebas untuk menerima benda posnya. Jadi filateri saat ini bukan hanya mengumpulkan benda-benda yang terkait dengan benda pos seperti sampul, warkat pos, atau benda-benda pos lainnya. Apa beda pengumpul prangko dengan Filatelis ? Filatelis adalah orang yang mengetahui secara mendalam apa itu filatelis. Prangko mulai digunakan pada tahun 1840. Prangko pertama di Indonesia yaitu pada tahun 1864 pada zaman Hindia Belanda. Prangko Pramuka Indonesia ada sejak tahun1937 zaman Jambore Dunia yang Ke-5. Prangko Romania tahun 1931 adalah prangko bernuansa Baden Powell. Pada tahun 1953 perdana prangkoTentang Baden Powell pertama terbit yaitu Liechtenstein.

Carik kenangan atau souvenir Sheet terbit bersama prangko tersebut dengan edisi terbatas. Prangko dari Uni Emirat Arab. Full sheet yaitu prangko yang dalam satu lembar terisi beberapa bagian kecil prangko sebanyak 20 atau 50 gambar dalam satu lembar. Dokumen filateli adalah dokumen yang diterbitkan bersama terbitnya prangko dengan kualitas yang lebih baik dan tebal. Adalagi prangko stiker yang sudah memiliki lem perekat saat dibuka berasal dari North ford Island adalah pulau dekat pasifik selatan Oseania. Prangko bernuasan emas dan perak contohnya dari Fujiera dari Emirat Arab.

Dalam kepanduan atau kegiatan pramuka mengoleksi prangko atau benda filateli akan mendapat apresiasi dengan mengikuti uji kecakapan Khusus Pramuka yang direalisasikan dengan pemberian Tanda Kecakapan Khusus (TKK) . TKK diberikan kepada peserta didik, khususnya golongan Penggalang (11-15 tahun), Penegak (16-20 tahun), dan Pandega (21- 25 tahun), yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus dalam bidang itu. Untuk golongan peserta didik yang lebih muda, yaitu Siaga (7-10 tahun), TKK- nya disebut TKK Pengumpul saja Kegiatan Mendokumentasikan sejarah pramuka dengan filateli akan memiliki daya Tarik sendiri sehingga menjadikan pengetahuan tentang pramuka menjadi lebih matang

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallau fiik. Sukses selalu Bu Doktor.

03 Mar
Balas

Terimakasih bu Asih dan bu Yuniar

04 Mar
Balas

Wow, mantul banget keilmuan tentang filatelinya, Bunda. Super keren Ka Sugiarti.

03 Mar
Balas



search

New Post