Sugiharto

Alhamdulillah bisa ikut workshop Sagusabu di LPMP yang difasilitasi oleh Media Guru. Semoga berkah...

Selengkapnya
Navigasi Web
SELEKSI GURU PRESTASI SAAT PANDEMI
SELEKSI GURU PRESTASI SAAT PANDEMI

SELEKSI GURU PRESTASI SAAT PANDEMI

Pertengahan bulan Juni 2021 Pak Rusli, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 68 memberikanku tugas mengikuti Seleksi Guru Prestasi (Gupres) Tingkat Jakarta Selatan 1. "Siap Pak" jawabku singkat tanpa pikir panjang.

Dalam dua hari aku kebut pemberkasan untuk Gupres. Semua arsip yang berkaitan dengan persyaratan aku siapkan. Ada dua laporan yang harus aku buat. Pertama Laporan Portofolio yang menyangkut berkas berkas:

1. Dokumen Prestasi yang relevan di bidang Pendidikan

2. Dokumen Pendidikan Non Formal

3. Dokumen Pengembangan Profesi (workshop/lokakarya/seminar/pelatihan dll

4. Dokumen keikutsertaan dalam organisasi kependidikan dan sosial

5. Dokumen Keikut sertaan dalam pembimbingan siswa

6. Dokumen surat tugas/SK

Laporan kedua yang harus aku buat yaitu Best Practice. Laporan ini terkait dengan Kegiatan Pembelajaran terbaik yang pernah dilakukan. Aku kebut dua laporan terbut walau sehari sebelumnya badan kurang bersahabat. Tapi semangat pantang mundur.

Dalam menyusun berkas di sekolah aku dibantu oleh Pak Rusli Kepala Sekolahku. Semua berkas diverifikasi & disortir sesuai peruntukannya. Setelah mendapat surat pengantar dari mas Fariz Tata Usaha sekolah dan berkas rampung segera aku fotocopy. Sore itu juga langsung aku antar ke Sudin.

Alhamdulillah setelah diseleksi berkas oleh Sudin dinyatakan lolos berkas. Terbukti ada surat panggilan mengikuti seleksi. Alhamdulillah, rasa syukur kupanjatkan ke Alloh SWT.

Aku segera meluncur memenuhi undangan surat panggilan untuk mengikuti seleksi ujian tertulis di SMPN 239. Senin pagi sudah stand by di tempat tes. Peserta diminta baris di lapangan untuk pembukaan dan arahan dari Panitia.

Hari itu juga diumumkan hasil tes tertulis. Semua dikumpulkan di lapangan untuk diberitahu langkah-langkah selanjutnya bila dinyatakan lulus. Harus mempersiapkan Power point untuk presentasi. Selesai pengarahan Panitia mempersilahkan lihat pengumuman. Dengan rasa berdebar aku dan peserta lain lari kecil menuju papan pengumuman.

"Alhamdulillah aku masuk 10 besar" dalam hatiku. Tahap selanjutnya yaitu presentasi & wawancara. Teman teman yang belum beruntung juga merasa ikhlas. Kita saling memberikan semangat. Dengan rasa gembira aku segera pulang.

Hari kamis tiba saatnya mengikuti tes Presentasi & wawancara. Aku segera meluncur ke SMPN 238 pagi pagi agar tidak terkambat. Sebelum masuk lokasi aku sempatkan beli bubur di depan LPMP. Kebetulan letak SMPN 239 disamping Gedung LPMP Jakarta. Lumayan buat ganjal perut karena belum sarapan.

Diliputi rasa dag dig dug untuk mengikuti tes presentasi & wawancara. Sepertinya semua peserta sama perasaannya setelah saling bertanya. Sebelum masuk ruang tes peserta dikumpulkan untuk foto bersama dengan Penguji & Panitia dari Sudin. Alhamdulillah jadi ada kenang-kenangan mengikuti kegiatan seleksi Guru Prestasi.

Semua dipanggil satu persatu sesuai dengan nomor undian. Aku dapat nomor undian 8. Semakin lama menunggu semakin panas dingin. Kebetulan sambil menunggu aku diminta kakakku mbak Purwanti lewat japri untuk telpon adikku yang sedang terdampak covid. Disuruh memberi semangat. Maka aku sempatkan menelpon adikku Darsono yang di Semarang sedang terkena wabah postif covid 19. Dia mengatakan merasa panas dingin saat ini terdengar dari suaranya. Jadi sama-sama panas dingin tapi beda situasi denganku.

Giliranku tiba untuk presentasi. Aku ucapkan salam mrmasuki ruangan. Terlihat ada 3 Tim Penilai yang sudah siap. Segera aku siapkan bahan presentasi yang sebelum sudah dishare ke Panitia. Bahan presentasi ada di laptop yang dipersiapkan panitia sudah ada filenya.

Aku jelaskan satu persatu bab demi bab. Walau sedikit grogi tetapi dengan mantap dan lantang aku presentasikan Best Practiseku. Aku berusaha menyakinkan para penilai. Semua aku paparkan apa saja yang terkandung dalam Best Practise. Aku dan para Penilai memakai masker serta jaga jarak untuk mengikuti protokol kesehatan.

Setelah itu salah satu Bapak penilai mempersilahkan aku untuk duduk wawancara di depan dua Ibu-Ibu penilai. Sambil terus percaya diri menjawab pertanyaan Ibu-Ibu penilai. Dengan mantap aku menjawab mengapa percaya diri maju Gupres. Aku jawab dengan lugas karena punya dua modal prestasi. Pertama sudah pernah Pameran hasil karya seni rupa di Museum Nasional Basoeki Abdullah yang diliput oleh banyak media lokal & Nasional. Hasil karya lukis terkait dengan mata pelajaran Seni Budaya yang aku ampu. Yang kedua sudah menghasilkan karya Buku Wayang Teacher yang sudah ber-ISBN. Buku Wayang Teacher menjadi kebanggaan & prestasiku. Karena Buku ini mendapat penghargaan karya terbaik dari LPMP.

Alhamdulillah setelah presentasi lega rasanya. Setelah sholat dzuhur di masjid sekolah segera aku tinggalkan lokasi. "Semoga berhasil usahaku hari ini" doa dalam hatiku.

Jakarta, Rich Money 240621

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses ya gupresnya.

07 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Karyani. Salam literasi

08 Aug

Selamat Bapak semoga masuk menjadi yang terbaik, Barokallah

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak A. Syaihu. Salam literasi

04 Aug

Semoga sukses ya Mas. Salam semangat buat Mas Bunyamin.

11 Jan
Balas

Maaf. Saya salah tulis. Salam semangat buat Mas Sugiharto. Aamiin.

11 Jan

Mantap,Pak. Semoga beroleh hasil yang terbaik.

06 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Teti. Salam literasi

08 Aug

Semoga sukses selalllu dan menjadi yamg terbaik, Pak. Aamiin

07 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Tri. Salam literasi

08 Aug

Izin follow. Bapak inspirasi saya

12 Jan
Balas

Terima kasih Bu Fairuzah. Tetap semangat

23 Dec

Ikut bangga dan bahagia. Sehat dan sukses selalu Bapak. Salam kenal dari Lubuk Sikaping

04 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Elvina. Salam literasi

04 Aug

Subhanallah

10 Jan
Balas

Aaminn. Terima kasih Bu Nanih

23 Dec

Mantap. Semoga sukses selalu. Aamiin.

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Laili. Salam literasi

04 Aug

Keren, Pak.

01 Aug
Balas

Terima kasih Pak Yudi. Salam literasi

04 Aug

Terima kasih like & komennya Bp/Ibu. Semangat literasi

01 Aug
Balas

Semoga berhasil pak Sugiharto.

10 Jan
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Reda Achiyat

23 Dec

Keren.. semoga semakin sukses, pak.

11 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Rochmawati. Salam literasi

11 Aug

Ikut gupres adalah pengalaman tak terlupakan.. selamat ya Pak.

01 Aug
Balas

Terima kasih Bu Ima. Salam literasi

04 Aug

Mantap, Sukses selalu pak.

12 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Rochadi. Salam literasi

16 Aug

Sukses dan semangat pak, Keren dan sukses selalu pak sugiarto

10 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Yelli. Sakam literasi

11 Aug

Mantabs Pak Sugi, kami mendoakan ya Paaaak, SEMONGKO!!!

01 Aug
Balas

Terima kasih Bu Sulhiyah. Semangat literasi

11 Aug

Mantabs Pak Sugi, kami mendoakan ya Paaaak, SEMONGKO!!!

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Sulhiyah. Salam literasiMana semongkonya

04 Aug

Subhanallah...Mantap pa

02 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Eme. Salam literasi

04 Aug

Selamat semoga semakin sukses kedepannya. Tetap semangat, salam literasi

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Sarmi. Salam literasi

04 Aug

Sukses bapak.Sy sudah balas like and follback nya.Ulasan yang menginspirasi,makasih. Salan literasi

09 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Ratih. Salam literasi

11 Aug

Selamat dan sukses, Pak Sugiharto.

11 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Isak Isnain. Salam literasi

11 Aug

Masyaallah, keren sekali reportasenya, Pak. Selamat ya, Pak atas prestasinya masuk 10 besar. Dan untuk adik yg terkena Covid-19, semoga cepat sembuh. Sudah saya follow balik ya, Pak. Terima kasih.

10 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Siti Khotijah. Salam literasi

11 Aug

Sukses selalu dan tetap semangat pak Sugiharto. salam sehat bersama keluarga tercinta

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Hustanil. Salam literasi

04 Aug

Sukses selalu Pak Sugiharto,semoga mendapatkan hasil yang terbaik

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Evie. Salam literasi

04 Aug

Semoga hasilnya sesuai harapan aamiin

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Enny. Salam literasi

04 Aug

Mantabbb pak, sukses selalu buat bapak

08 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Wiwik. Salam literasi

11 Aug

Luar biasa perjuangannya, Pak. Salut. Semoga mendapat hasil terbaik.

04 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Safiroh. Salam literasi

04 Aug

Mantap,, sukses terus Pak Sugi

01 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Adji. Salam literasi

04 Aug

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Aamiin. Terima kasih Pak Marzuki. Salam literasi

04 Aug

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Mantaps! Teruslah berprestasi dan menginspirasi

02 Aug
Balas

Terima kasih

04 Aug

Sukses selalu

11 Jan
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Ruliani

23 Dec



search

New Post