Sugih Permono

Sugih Permono lahir di Medan pada tanggal 22 Agustus 1967. Saat ini tinggal di Jl. Ir. H. Juanda No. 47 Binjai. Tugas di Politeknik LP3I Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web

AQIQAH SEBAGAI TANDA SYUKUR

AQIQAH SEBAGAI TANDA SYUKUR

Tantangan hari ke-55

Menulis tantangan gurusiana di hari ke-55, aku dan keluarga baru saja selesai melaksanakan acara aqiqah untuk cucuku yang lahir sekitar sebulan yang lalu. Menyembelih dan memasak seekor kambing untuk dibagikan kepada anak-anak yatim, para tetangga dan keluarga serta teman dekat yang datang ke rumah.

Aqiqah tentu adalah sebuah syariat yang mengajarkan bagaimana kita mengungkapkan rasa syukur kita akan anugerah dari Allah berupa kelahiran seorang anak. Rasa syukur itu diperlihatkan dengan cara membangikan kebahagiaan kita kepada orang lain dalam bentuk daging kambing yang telah dimasak, siap untuk dimakan.

Yah, itulah pesan terpenting aqiqah menurut saya. Bagaimana dalam kebahagian yang kita miliki kita tetap harus dapat berbuat untuk orang lain. Itulah esensi rasa syukur, bagaimana kita bisa melakukan sesuatu untuk kebaikan sesama. Hubungan vertikal pada Allah, yang kita ungkapkan dengan ucapan Alhamdulillah, harus seimbang dengan hubungan horizontal kebaikan dengan sesama manusia.

Semoga dengan pelaksanaan aqiqah ini, pesan untuk selalu menjaga keseimbangan dalam dunia dan akhirat dapat kita laksanakan, aamiin.

#TantanganGuruSiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post