Suharti Atik

Suharti S.Pd Mengajar di SMK N 1 Sawahlunto semenjak Tahun 2009 s.d sekarang. Program Keahlian Administrasi Perkantoran/ Otomatisasi Tata Kelola Perkant...

Selengkapnya
Navigasi Web
PAS (Penilaian Akhir Semester) 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
Pelaksanaan PAS 1 siswa SMKN1 Sawahlunto

PAS (Penilaian Akhir Semester) 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Hari ini Rabu tanggal 04 Desember 2019. Saya mendapat tugas mengawas ujian untuk pertama kalinya setelah kegiatan PAS dilaksanakan sejak hari Senin tanggal 2 Desember 2019 yang lalu. Berarti ini adalah hari ketiga siswa-siswi SMK N 1 Sawahlunto mengikuti PAS 1 TP 2019/2020.

Tepat pukul 07.20 Bel tanda masuk berbunyi, masih ada sepuluh menit sebelum ujian dimulai, sengaja panitia membunyikan bel lebih awal agar siswa-siswi bisa berdoa sebelum ujian dilaksanakan dan persiapan lainnya yang dimanfaatkan oleh guru pengawas sebelum pelaksanaan ujian, seperti membagikan lembar jawaban dan lembar soal.

Penilaian Akhir Semester 1 ini SMK N 1 Sawahlunto menggunakan dua sistem pelaksanaan. Ujian berbasis kertas dan pena untuk kelas X dan XI, ujian berbasis komputer untuk siswa-siswi kelas XII. Ada tiga Mata Pelajaran yang diujikan untuk kelas X dan dua Mata Pelajaran untuk kelas XI dan XII. Sesuai dengan jadwal pengawasan, saya ditugaskan mengawas di Ruang 21 untuk sesi 1 dan Ruang 22 untuk sesi 2.

Ada 23 orang peserta ujian di Ruang 21 yang terdiri dari 14 orang siswa jurusan OTKP (Otomatisasi tata Kelola Perkantoran dan 9 orang siswa jurusan BDP (Bisnis dan Pemasaran), dengan materi ujian yang sama yaitu Bahasa Indonesia. Durasi waktu selama 90 menit.

Hujan yang mengguyur kota Sawahlunto semenjak kemarin sore sampai pagi ini tidak menyurutkan langkah mereka untuk mengikuti PAS, ini dibuktikan dengan kehadiran mereka mencapai 100%, dan tidak ada yang datang terlambat.

Ujian dilaksanakan dengan tertib, siswa mengerjakan soal dengan kejujuran, bekerja sendiri tanpa mengharap bantuan dari teman. Diiringi suara tetesan air hujan yang jatuh ke atap lantai 1 dan cuaca dingin membawa mereka sampai pada bunyi bel tanda berakhirnya pelaksanaan ujian sesi 1. Siswa mengumpulkan lembar jawaban beserta soal, saya sebagai pengawas mengurutkan lembar jawaban dari angka terkecil sampai angka terbesar dan memisahkan berdasarkan jurusannya.

Tiga puluh menit waktu istirahat kemudian dilanjutkan ujian sesi 2. Saya ditugaskan di Ruang 22. Di ruang ini peserta ujiannya homogen, jurusan BDP saja. Jumlah peserta sebanyak 23 orang dan hadir semua. Mata Pelajaran yang diujikan Sejarah Indonesia dengan durasi waktu 60 menit. Sama halnya dengan peserta ujian sebelumnya, mereka pun menjawab soal ujian dengan tertib, dan jujur bekerja sendiri tanpa minta bantuan teman.

Alhamdulillah, semoga kejujuran ini tertanam nantinya sampai kalian dewasa dan berada di lingkungan masyarakat. Kejujuran itu adalah suatu sikap yang harus kalian pertahankan agar kalian sukses di masa depan. Masih ada beberapa hari kedepan untuk kalian mengikuti PAS ini. Rajinlah belajar, Semoga Allah SWT rida dengan ikhtiar dan kejujuranmu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post