Sujarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Siraman Rohani Mendinginkan Hati 'No Bullying'
No Bullying

Siraman Rohani Mendinginkan Hati 'No Bullying'

Di era globalisasi dan teknologi semakin canggih harus bisa memilih dan memilah mana yang positif dan mana yang negatif. Kedua hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap perilaku utamanya pelajar. Berbicara pelajar tidak lepas dari pendidikan. Pendidikan sangat berperan dalam meningkatkan kecerdasan bagi semua orang. Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan manusia khususnya pelajar yang sedang belajar.. Berhasil tidaknya pembangunan tergantung pada pendidikan. Keberhasilan pendidikan membuat generasi penerus menjadi generasi masa depan yang gemilang.

Namun dibalik dari semua itu, ternyata belum bisa lepas dari telinga kita jika bullying masih kerap terjadi di mana-mana. Bullying membuat pusing kepala. Membuat permasalah dan dapat mencoreng pendidikan Indonesia. Hal ini terlihat terutama di kalangan anak sekolah atau usia remaja menjadi faktor utama dalam bullying. Penyebab bullying kadang-kadang tidak jelas apa permasalahan yang terjadi antar kedua belah pihak. Kadang hanya permasalahan sepele membuat onar dengan mengerahkan tenaga yang luar biasa banyak. Dan kadang hanya salah paham saja namun luar biasa akibat yang ditimbulkan. Banyak korban jiwa bahkan bangunan samping kanan kiri rusak sampai menimbulkan kematian sehingga duka mendalam sering terjadi diantara keluarga yang bersangkutan.

Betapa pilu jika mendengar kejadian tersebut. Rasanya sangat tidak pantas dan membuat sesak didada. Betapa menyesalnya pendidikan yang didapatkan dari sekolah maupun dari rumah.. Pendidikan sama sekali tidak berguna, sama sekali tidak bermanfaat jika ternyata sebaliknya yang didapatkan hanya kemunduran pikiran, krisis moral jika bullying terjadi. Apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari bullying? Siapkah kita merdeka dari Bullying? Siapkah kita memerangi bullying? Dengan hati yang berat sebagai pejuang untuk meruntuhkan Bullying tidak terjadi, tentu saja perlu adanya kekompakan, kerja sama, kepercayaan antara pendidik, peserta didik, dan orang tua tetap harus bersatu padu dalam menghadapi permasalahan tersebut. Semua harus berperan aktif dalam menanggulangi semua yang terjadi sehingga mudah-mudahan dapat mencegah dan dapat tertanggulangi Bullying yang terjadi di kalangan pelajar.

Memang banyak faktor yang menyebabkan Bullying terjadi diantaranya: keluarga,ekonomi sosial, teman, lingkungan, dan sebagainya. Dari beberapa faktor tersebut paling tidak harus dapat dihindarkan agar tidak terjadi Bullying dan bagaimana kita sebagai pendidik bisa menghempas semua faktor yang menjadi penyebab Bullying terjadi. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk menuntaskannya Bullying adalah sebagai berikut, diantaranya :

1. Pembinaan mental melalui siraman rohani berupa pengajian atau ceramah agama, baca qur-an bersama, dan kegiatan yang berkaitan dengan agama. Mudah-mudahan siswa akan memiliki hati yang lebih sadar, dan rendah diri. Dengan siraman rohani tentunya dapat mendinginkan suasana hati siswa menjadi lebih sabar.

2. Perhatian dan kasih sayang orang tua sangat diperlukan oleh siswa. Anak butuh perhatian.Anak butuh kasih sayang. Orang tua harus selalu mengontrol anak-anaknya. Orang tua harus mengawasi atau memantau anak-anaknya sehingga anak akan merasa diperhatikan oleh orang tua. Dengan perhatian yang tercukupi dan didapat oleh anak tentu saja anak akan merasa senang dan nyaman..

3. Memberi kepercayaan kepada anak. Janganlah mengabaikan atau meremehkan beri keleluasaan dalam menyampaikan atau melakukan semua yang diinginkan. Positif thinking harus dikedepankan sehingga anak mampu dan akan bertanggung jawab apa yang ditugaskan.

4. Memberi bonus atau hadiah kepada anak. Anak akan merasa bangga dan senang mendapat penghargaan berupa hadiah dari orang yang dikasihi.Hal ini akan membekas pada anak-anak.

5. Healing . Untuk menghindari kejenuhan dan memiliki rasa cinta terhadap apa yang dilihat. Dengan healing akan memiliki wawasan ,pengetahuan dan akan dapat melepas penat dan menghilangkan penat sehingga merasa terhibur.

Demikianlah beberapa hal yang dapat membuat pelajar atau anak-anak kita mudah-mudahan terhindar dari tawuran, kekerasan, penganiayaan, dan sebagainya. Semua mengharap di era dan zaman yang semakin pesat kemajuaannya paling tidak harus bisa menerapkan diri, menjaga diri, dan waspada. Semua adalah saudara hindari Bullying. Bullying sangat merugikan dari semua pihak baik sekolah, keluarga, masyarakat, bahkan negara. No Bullying. Salam Literasi !!

Penulis bernama Sujarwati..Lahir di kota Banyuwngi. Lulusan UNMUH Jember.Saat ini bekerja sebagai guru di Madrasah Tsanwiyah Negeri 7 Jember sampai saat ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post