Sujarwati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SISWA HEBAT, PASTI GURU LEBIH HEBAT 'TANPAMU AKU TAK MAMPU  DAN TAK TAHU'

SISWA HEBAT, PASTI GURU LEBIH HEBAT 'TANPAMU AKU TAK MAMPU DAN TAK TAHU'

Setiap insan memerlukan pendidikan. Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam pembangunan bangsa. Maju mundurnya pembangunan bangsa  sangatlah tergantung pada pendidikan.Tak khayal jika dalam pendidikan sosok ini terucap dalam benak kita. Siapakah mereka? Tentu saja guru dan siswa. Guru merupakan subjek dan siswa merupakan  objek terpenting dalam dunia pendidikan. Guru dan siswa memiliki peranan yang sangat besar dalam pendidikan. 

Guru merupakan superstar dalam dunia pendidikan.  Tanpa guru dunia pendidikan akan kelam. Tanpa guru dunia pendidikan akan suram. Bak  emas tanpa permata. Tak dapat dijauhi dan tak dapat dilupakan keberadaan guru dalam pembelajaran. Guru memiliki peranan yang sangat penting dan sangat  besar dalam dunia pendidikan. Guru sebagai motivator dalam mendidik siswa. Guru sebagai pendidik yang mampu meningkatkan kualitas siswa dalam belajar. Guru harus mau dan mampu dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya. Maju mundurnya pendidikan tergantung pada curu dan siswa. Guru hebat tentu saja prestasi siswa meningkat.Sebaliknya siswa hebat pasti guru lebih hebat. Tanpa guru siswa tak mampu dan tanpa guru siswa tak tahu. Keduanya saling bersinergi untuk mewujudkan kemajuan pendidikan. 

Sedangkan siswa merupakan  objek yang melengkapi keberadaan dalam dunia pendidikan. Pendidikan, guru dan siswa tak dapat dipisahkan, selalu seiring sejalan menuju tujuan masa depan yang diharapkan dan  gemilang. Peran kolaborasi pendidikan, guru, dan siswalah yang membuat keberhasilan dalam pendidikan.  Guru sebagai pendidik , membimbing, memberi ilmu kepada siswa untuk mencapai tujuan yang diharapkan merupakan tugas yang harus diemban oleh guru. Guru harus  disiplin, bertanggung jawab sebaik mungkin sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Bagaimana guru mengajar dengan baik? Guru hendaknya memiliki kompetensi  pedagogik maupun kompetensi profesional.

Dalam  kompetensi pedagogik seorang  guru harus inovatif, kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Guru bukan satu-satunya orang dalam  pembelajaran. Guru hanyalah pendamping siswa, fasilitator siswa. Harapan dalam pembelajaran siswalah yang harus aktif dalam pembelajaran. Bagaimana siswa dapat aktif,  tercipta  interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran? 

Tentunya tak  terlepas dari bagaimana seorang guru  mengemas, mengelola, agar  membuat   pembelajaran nyaman dan menyenangkan siswa sedemikian rupa sehingga kreativitas, inovasi dari seorang guru akan tampak jelas hasil yang diharapkan. Jika guru hebat dalam melaksanakan pembelajaran tentunya prestasi siswa akan meningkat. Atau jika siswanya hebat, guru  pasti lebih hebat..Itulah yang diharapkan dalam pembelajran. Kehebatan guru akan memudahkansiswa  dalam meraih  prestasi yang gemilang dan meningkat  tajam.

Dalam kemampuan professional seorang guru harus mampu menyampaikan apa pelajaran yang diapu. Penguasaan materi harus dikuasai dengan baik oleh guru. Guru  harus betul-betul paham tentang materi yang akan diberikan. .Mengapa demikian, apa yang disampaikan guru akan dipahami, dimengerti.oleh siswa. Transfer ilmu kepada siswa sangatlah diharapkan sehingga siswa mampu menerima, memperoleh banyak pengetahuan, wawasan. Pengetahuan dan wawasan akan mengubah pribadi siswa dari tidak bisa menjadi bisa. Perubahan itulah yang disebut belajar. Dari belajar tentu saja prestasi siswa akan menjadi meningkat.  Peningkatan prestasi siswa tak lain adalah kehebatan dari seorang guru dalam memberikan pembelajaran, Dengan demikian kedua kompetensi guru sangatlah besar pengaruhnya terhadap keberhasilan dalam belajar. 

Kehebatan guru dalam  pembelajaran menjadi harapan siswa mendapat prestasi yang gemilang dan meningkat. Sebagai guru harus mampu melaksanakan dan menjalankan tugas yang diemban dengan baik dan penuh tanggung jawab. Guru berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan apa yang diharapkan oleh semua siswa di sekolah. Keduanya harus  saling mengisi, menghargai ,mempercayai. Kekompakan yang terjalin, kerja sama yang terjalin  akan memudahkan  meraih asa yang dicita-citakan baik dari guru dan siswa. Guru beraksi siswa dapat berprestasi. Siswa Hebat berprestasi, pasti guru lebih hebat.  Prestasi incaran siswa masa kini. Salam Literasi.  

   Penulis bernama Sujarwati..Lahir di kota Banyuwngi.Saat ini bertempat tinggal di Jember. Bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia  di MTs Negeri Umbulsari sampai saat ini

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post