Sukadi_andro

Manusia dilahirkan untuk terus belajar. Belajar dengan siapa saja. Dengan menulis kita bisa belajar apa saja....

Selengkapnya
Navigasi Web
Destinasi Budaya dan Edukasi Saung Angklung Udjo

Destinasi Budaya dan Edukasi Saung Angklung Udjo

Penulis : Sukadi.

#TantanganMenulis365Eps2

#Gurusiana Hari ke-560

//

Bandung memang eksotis dan seru banget. Bukan seru dijelajah di siang harinya, tapi juga di malam hari. Baik siang ataupun malam pesona kota Bandung sayang sekali untuk dilewatkan. Rugi deh jika belum menikmati pesona kota Bandung.

Setelah sarapan pagi dan cek out hotel tempat menginap, saya dan rombongan menuju ke Saung Angklung Udjo. Sebuah tempat yang didesain khusus untuk pusat kesenian, tempat belajar dan pentas angklung bagi masyarakat. Suasana tempat ini sangat asri dan bersih karena dikelilingi oleh pohon-pohon bambu. Meski berada di kota yang padat lalu-lintas, nampak terasa suasana kental alam pedesaan.

Saung Angklung Udjo didirikan oleh Udjo Ngalagena pada tahun 1996, seorang seniman Sunda yang memiliki kepedulian agar angklung tetap eksis dan populer sebagai alat musik tradisional Sunda. Saat ini Saung Angklung Udjo diteruskan oleh putranya bernama Pak Yayan. Seperti penjelasan beliau, saat saya mewawancarai usai rombongan kami diberi kesempatan untuk belajar memainkan angklung.

Kata Pak Yayan setidaknya ada 500 orang murid yang belajar disini. Setiap hari banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan pertunjukan di Saung Angklung yang di gelar dengan konsep pertunjukan ringan yang mendidik menarik dan ikonik yakni permainan yang dilakukan oleh anak-anak Sunda.

Dikemas dengan pertunjukan pendek yang spektakuler, dimulai dengan pertunjukan wayang golek, ritual helaran (perayaan bagi anak-anak Sunda yang akan dikhitan), tarian tradisional (tari topeng) permainan anak-anak, pengenalan angklung dan pertunjukan orkestra angklung.

Di sekitar Saung Angklung Udjo juga terdapat sentra kerajinan tempatan, pengunjung dapat melihat dan membeli kerajinan tangan seperti wayang golek, kain tenun, dan kerajinan bambu.

Menakjubkan. Saung Angklung Udjo sebagai wisata budaya dan edukasi Siapa saja yang menyaksikan pertunjukan Angklung di Saung Angklung Udjo akan terpesona untuk kembali lagi ke tempat ini lain waktu..

//

Bandung, 29 September 2023

Salam literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

29 Sep
Balas

Keren sekali tempat di Asti semakin ramai

29 Sep
Balas



search

New Post