Sulastri Lestari Koleksi

Perkenalkan, Sulastri lestari collection lahir tgl 14 Mei 1971, pernah menempuh pendidikan di SMA negeri 1 Tulungagung lulus tahun 1990, di di PMP KN IKIP malan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membentuk Motivasi Meraih Mimpi

Membentuk Motivasi Meraih Mimpi

“Semakin keras kamu berusaha, semakin nikmat rasanya ketika kamu berhasil, Kesuksesan berasal dari keseriusan dan terus menerus melakukan usaha, orang sukses bukan tidak pernah gagal tetapi ia selalu bangkit untuk memperbaiki langkah selanjutnya ketika gagal.” Inilah rangkaian kata kata motivasi yang pasti akan memberikan semangat bagi siapa saja yang membacanya, karena kata demi katanya mengandung pembelajaran. Motivasi dapat mengganti pikiran negative dengan positif, karena ketika ia berfikir positif, dia akan tampak smart, riang yang akan membawa aura positif kepada orang yang ada di sekelilingnya, sehingga membuat orang lain memberikan respon positif pula yang berdampak kepada prestasi dan suksesnya pekerjaan.

Motivasi merupakan penyemangat yang dapat membuat hidup Anda bangkit kembali, dengan motivasi yang kuat diharapkan tujuan tujuan yang sudah kita rencanakan akan tewujud dengan maksimal. Contoh sederhana seorang pemanjat pohon kelapa yang tinggi, dia memanjat dengan penuh semangat mengabaikan berbagai resiko yang mungkin terjadi, dengan motivasi akan mendapatkan kelapa yang banyak, dan mendapat uang setelah ia menjual kelapanya ke pasar. karena dia ingin membelikan mainan untuk anaknya, dia sudah membayangkan betapa riang anaknya ketika melihat dia datang sambil membawa mainan kesayangan putranya yang telah dia beli. Mimpi mimpi yang ingin diwujudkan oleh seseorang itulah yang akan membentuk motivasi kuat pada dirinya untuk berusaha dengan berbagai macam cara untuk mewujudkanya.

Bagaimana cara memperkuat motivasi belajar anak? Antusiasme guru dalam mengajar di dalam kelas juga merupakan faktor penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Bila guru tampak lesu dan kurang bersemangat, siswapun juga demikian. Idealnya guru harus tampil ceria dan semangat ketika berada di dalam kelas. Demikian pula orang tua yang selalu mengutamakan sekolah anak anaknya dan selalu memberikan reward kepada anaknya yang berprestasi juga ikut membantu motivasi anak untuk berusaha sekuat tenaga untuk berprestasi, selalu berikan hadiah kepada anak yang berprestasi ketika masih kecil, cukup dengan membelikan jam tangan misalnya. Supaya terbiasa memiliki kebiasaan berusaha dalam perkembangan selanjutnya. Orang tua dan guru juga harus memahami minat, bakat atau potensi yang dimiliki anak. Selalu peduli dengan berbagai kesulitan yang muncul yang dihadapi anak dan memberikan keteladanan yang baik untuk dapat ditiru dan di contoh oleh anak anak. Keteladanan lebih baik dari seribu nasehat demikian kata pepatah. Setiap orang akan melihat kita dari perbuatan bukan dari perkataan. Anak anak akan cenderung respek kepada guru dan orang tua yang memegang teguh aturan dan memberikan keteladanan yang baik dalam melaksanakannya.

Motivasi belajar dapat juga dibangun dengan memberikan tugas kepada anak dengan proporsional, kegiatan belajar mengajar yang beragam, suasana kelas dan rumah yang kondusif untuk memberikan situasi yang nyaman untuk belajar anak. Yang perlu diingat bahwa memperkuat motivasi belajar pada anak dan motivasi untuk berusaha bagi siapapun memiliki tujuan menuju hidup lebih bahagia dan lebih baik di masa depan, yang didasari oleh karakter yang kuat, dan kecerdasan intelektual yang cukup untuk mampu menyelesaikan segala problematika yang muncul dalam setiap sisi kehidupan. Pastikan anak anak diberikan latihan dan persiapan yang cukup sehingga membawa kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia di masa depan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post