SUMARJIYATI

Lahir di Gunungkidul,27 Agustus 1981,Sumarjiyati biasa di panggil atik oleh orang tua dan orang-orang yang mengenalnya.Menamatkan S1 Tarbiyah Di Sekolah Tinggi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Amalan Hari Jumat

Amalan Hari Jumat

Amalan Hari Jum’at

Halo sahabat literasi, apa kabar? Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin. Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin maka termasuk beruntung dan barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin maka sesungguhnya dia merugi. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung. Waktu begitu cepat berlalu jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik maka kita akan merugi. Setiap hari atau waktu adalah baik namun dalam Islam ada kelebihan dari waktu satu dengan waktu lainya. Di antara waktu yang memiliki keutamaan untuk beramal sholeh adalah hari Jum’at.

Pada hari Jum’at terdapat beberapa kejadian luar biasa sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jum’at. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at”. (HR. Muslim)

Sumber https://rumaysho.com/9515-keistimewaan-hari-jumat.html

Lalu bagamana kita bisa manfaatkan hari Jum’at? Kita bisa lakukan amalan berikut :

1. Perbanyak bersedekah

Dalam hadist riwayat Bukhori Muslim di sebutkan bahwa setiap datang waktu pagi ada 2 Malaikat yang turun dan kemudian malaikat itu berdoa untuk kita “Ya Allah berikanlah ganti pada orang-orang yang berinfak sementara satu malaikat lagi berkata ya Alalh berikanlah kehancuran bagi orang-orang yang pelit, orang-orang yang kikir.

Untuk itu kita terinspirasi dengan hadist itu sehingga kita di galakkkan sedekah di awal hari. Tapi kita perlu ingat juga hadist lain yang berbunyi “ tidaklah matahari terbenam kecuali dua malaikat mengiringinya mereka itu berdoa dan di dengarkan oleh seluruh penduduk bumi kecuali jin dan manusi. Apa dari doa Malaikat tersebut? di waktu matahari hendak terbenam. Ya Allah beri ganti pada orang yang berinfak dan beri kehancuran bagi orang yang kikir maknanya adalah kita di anjurkan untuk bersedekah kapan saja. Tapi kenapa kita di minta untuk bersedah di pagi hari agar kita mengawali hari dengan amal solih.

2. Baca surat AL-Kaffi

Dalam hadist di sebutkan bahwa barang siapa membaca surat Al-Kaffi pada hari Jum’at dia akan disinari cahaya di antara dua jumat.( H.R Buihaqi)

3. Perbanyak baca shalawat

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Al-Baihaqi 3:249 dalam Sunan Al-Kubra. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-).

Sumber https://rumaysho.com/23699-8-amalan-pada-hari-jumat-walau-shalat-jumat-ditiadakan.html

4. Bersih-bersih di hari jum’at: memotong kuku, memotong rambut dan bersiwak

5. Perbanyak Berdoa terutama di waktu petang insyaAllah terkabul

“Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut.” (HR. Bukhari, no. 935 dan Muslim, no. 852)

Itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan di hari Jum’at. Semoga kita bisa mengamalkannya dan menjadikan diri kita semakin dekat dengan Allah dan senantiasa mendapatkan keberkahan dalam hidup kita. Aamiin.Salam sehat,salam literasi tetap semanagt dan terus berkarya.

Gunungkidul, 8 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post