SUMARJIYATI

Lahir di Gunungkidul,27 Agustus 1981,Sumarjiyati biasa di panggil atik oleh orang tua dan orang-orang yang mengenalnya.Menamatkan S1 Tarbiyah Di Sekolah Tinggi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Amalan ketika Mendengar Adzan

Amalan ketika Mendengar Adzan

Amalan ketika Mendengar Adzan

Adzan merupakan panggilan bagi umat Islam untuk menunaikan salat wajib. Adzan di kumandangkan oleh seorang Muazin. Saat mendenagr adzan maka kita di sunahkan untuk mendengarkannya. Tidak hanya mendengarkan namun kita juga disunahkan untuk mengikuti adzan seperti saat muazin mengucapkan Allah hu akbar maka kita jawab dengan ucapan Allahu akbar. Ashadualla ila ha ilallah, maka kita jawab Ashaduala ilahailallah kecuali saat muazin mengucapkan hayya alal salah aya halal falah maka kita jawab dengan laa haula wala quwata ila billah. Tiada daya kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

"Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoalah (kala itu)", (HR Ahmad). Kepada Nabi Muhammad Salallahu “alaihi wasalam bahwa ada doa-doa ketika kita mendengar adzan seperti yang sering kita dengar di televisi- televisi atau saat setelah kita mendengar adzan di masjid. Kita sering mendengan doa “Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad” Yang artinya "Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan".

Itu beberapa diantaranya yang bisa kita lakukan. Berikutnya yaitu jangan lupa kita doa. Karena doa yang paling mustajab salah satunya adalah doa setelah adzan dan sebelum iqomah. Pada saat adzan kita jawab dan setelah adzan kita berdoa seperti lafal doa di atas kemudian kita lanjutkan untuk doa lagi sesuai yang kita inginkan. Jadi doa selain doa mustajap di waktu sepertiga malam terakhir juga doa setelah adzan juga termasuk doa yang mustajab. Ketika mendengar adzan berkumandang maka apapun aktivitas kita mohon untuk berhenti dan kita dengarkan adzan dan berdoa.

Untuk itu saya mengajak untuk diri saya sendiri dan juga sahabat literasi dari penjuru negeri untuk bisa mengamalkan apa yang sudah di contohkan Nabi Muhammad untuk kita. Tentu hal yang sudah di sunahkan beliau adalah hal yang baik untuk bisa kita teladani dan kita lakukan untuk kebaikan kita dan bermanfaat bagi kehidupan kita. Semoga dengan selalu mencontoh apa yang Nabi lakukan maka kehidupan kita akan makin berkah dan tentu selalu dalam naungan kasih sayang dan rahmat Allah Subhana hu wata’ala. Aamin

Terimkasih sedikit yang saya tulis semoga bermanfaat. Salam sehat salam literasi dan tertap semangat.

Sumarjiyati

Gunungkidul, 17 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post