SUMARJIYATI

Lahir di Gunungkidul,27 Agustus 1981,Sumarjiyati biasa di panggil atik oleh orang tua dan orang-orang yang mengenalnya.Menamatkan S1 Tarbiyah Di Sekolah Tinggi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ikhlas LilahiTa'ala

Ikhlas LilahiTa'ala

Ikhlas lilahi Ta’ala

Sering sekali dalam kehidupan kita mendengan kata “ yang sabar ya yang ikhlas!” Hal itu mereka katakana sebagai bentuk empati terhadap diri kita yang mungkin sedang mendapatkan ujian berupa kehilangan kesedihan, ataupun yang tidak sesuai yang di harapkan. Ikhlas ya kata ikhlas memang sangat simple namun di dalamnya begitu sulit untuk bisa kita lakukan. Ya… tidak mudah memang untuk bisa menerima apa yang tidak sesuai yang kita inginkan. Butuh waktu, tapi percayalah bahwa ikhlas itu kan berbuah indah pada saat yang tepat.

Kita sebagai seorang muslim tentu tahu bagaimana Allah menggantikan keikhlasan Nabi Ibrahim. Pertama Nabi Ibrahim ikhlas meninggalkan istri dan putranya di padang pasir tandus. Padahal istrinya Siti Hajar sedang menyusui putra tercinyanya yang masih bayi. Setelah beberapa hari bekal yang dibawa habis maka Siti Hajar yang hanya bersama putranya Ismail berjuang untuk mencari sumber air. Setelah perjuangan panjanga akhirnya Allah memberikan air Zam-zam yang keluar dari kaki Ismail yang sedang menangis. Sampai sekaran air Zam-zam bisa di manfaatkan manusia di seluruh dunia khususnya yang sedang melaksanakan ibadah Haji di Mekkah.

Kisah kedua, Nabi Ibrahim iklas melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih putranya Ismail yang sudah di harapkan kehadiranya selama berpuluh-puluh tahun. Tapi setelah didapatkan dan pada saat usia Nabi Ismail baru anak-anak yang sangat menggemaskan, namun Allah perintahkan untuk di sembelih. Nabi Ibrahim pun melaksanakan apa yang Allah perintahkan. Nabi Ibrahim ikhlas putranya di sembelih semata-mata karena patuh akan perintah Allah dan ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT.

Allah pun menggantikan keikhlasan Nabi Ibrahim dengan menggantikan domba saat Nabi Ismail akan di sembelih. Dan dari kisah itu sampai sekarang umat Islam meneladani kisah Nabi Ibrahim untuk melaksanakan kurban. Yaitu kita menyembelih hewan kurban semata-mata ikhlas beribadah kepada Allah. Dan bentuk syukur terimakasih kita atas nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita. Dari kisah Nabi Ibrahim itu kita bisa mengambil hikmah bahwa dengan ikhlas maka Allah pasti akan menggantikan yang lebih baik.

Lalu apa sebenarnya arti iklas sendiri? Iklas adalah melalukan sesuatu semata-mata untuk Allah dan tidak mengaharapkan imbalan apapun. Nha iklas dapat kita terapkan dimana saja dan dalam keadaan apapun. Terkadang cobaan menghampiri hidup kita, agar kita menjadi orang yang lebih sabar dan iklas untuk menghadapi segalanya. Tanpa rasa sakit kita tidak akan pernah belajar menjadi kuat, tanpa rasa kecewa kita tidak akan pernah belajar menjadi dewasa dan tanpa kehilanagn kita tidak akan pernah belajar untuk iklas.

Jadi apapun yang terjadi dalam hidup kita biarlah terjadi karena ada banyak hal yang menanti di balik kepedihan yang kita rasakan.

Terimkasih salam sehat, salam literasi tetaplah semangat dan teruslah berkarya. Hidup itu indah dan nikmati setiap alur dan prosesnya. Ikhlas lilahi ta’ala insyaAllah hati akan tenang dan bahagia.

#kamismenulissahabatlagerunal

Gunungkidul, 7 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren karyanya Bu Sumarjiyati, sehat dan bahagia selalu

07 Jul
Balas

Terimakasih Pak... belajar ini. aamiin

07 Jul

Terima kasih bu Atik. Insya allah akan terus belajar ikhlas....Sehat selalu ibu

07 Jul
Balas

aamiin, terimakasih kembali Bu Yuli

07 Jul

Mantap..Tulisannya ..Mari2 kita lakukan dengan ikhlas..

07 Jul
Balas

Mantap..Tulisannya ..Mari2 kita lakukan dengan ikhlas..

07 Jul
Balas

Belajar Ibu.. mari

07 Jul

Mantap..Tulisannya ..Mari2 kita lakukan dengan ikhlas..

07 Jul
Balas

Mantap..Tulisannya ..Mari2 kita lakukan dengan ikhlas..

07 Jul
Balas



search

New Post