SUMARJIYATI

Lahir di Gunungkidul,27 Agustus 1981,Sumarjiyati biasa di panggil atik oleh orang tua dan orang-orang yang mengenalnya.Menamatkan S1 Tarbiyah Di Sekolah Tinggi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penyembelihan Hewan Qurban SD N Karanganyar

Penyembelihan Hewan Qurban SD N Karanganyar

Penyembelihan Hewan Qurban SDN Karanganyar

Di zaman yang sudah berkemajuan sekarang ini, perlu di imbangi dengan kemajuan dalam mengelola hati, sehingga diharapkan nantinya hidup sebuah generasi yang memiliki kehidupan yang seimbang, antara memenuhi kehidupan materi juga mampu memenuhi kebutuhan rohani. Sehingga menguasai IPTEK dan IMTAQ.

Dasar pelaksaan qurban sudah di perintahkan Allah melalui Quran Dan Hadits. Maka sebagai umat Islam kita wajib mengikuti segala perintah-perintah Allah Swt.

Allah swt. berfirman : fasolli lirabbi ka wan har

“Maka salatlah untuk Rabbmu dan berkurbanlah.” (Q.S Al-Kausar(108):2

Banyak ulama menjelaskan bahwa menyembelih hewan qurban pada hari idul Adlha lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau harga hewan qurban atau bahkan sedekah yang lebih banyak dari pada nilai hewan qurban. Karena maksud terpenting dalam berqurban adalah mendekatkan diri kepada Allah. Disamping itu, menyembelih qurban lebih menampakkan syi‟ar islam

Kisah Habi dan Qabil di kisahkan pada Al-Quran

“Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurutyang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa

Disebutkan dalam Al Qur'an, Allah memberi perintah melalui mimpi kepada Nabi Ibrahim untuk mempersembahkan Ismail. Diceritakan dalam Al Qur'an bahwa Ibrahim dan Ismail mematuhi perintah tersebut dan tepat saat Ismail akan disembelih, Allah menggantinya dengan domba. Dengan peristiwa ini, Allah Swt. mewajibkan kepada seluruh umat Islam yang mampu untuk menyembelih hewan qurban pada setiap tanggal 10 hingga 12 Dzulhijjah atau biasa disebut Hari Raya Idul Adha. Pada tanggal tersebut bertepatan pada hari tasrik, namun pada tanggal 10 Dzulhijjah disebut hari nahir. Allah mengharamkan kepada seluruh umat Islam yang sedang berpuasa, jadi pada hari itu kita tidak boleh berpuasa

Untuk itulah maka momentum Idul Adha di manfaatkan untuk menempa manusia merasakan kelemahan, kelaparan dan ketidak mampuan serta bagaimana berbagi dengan sesama agar semua umat bisa merasakan apa yang dirasakan sabagian orang yang mampu yang diwujudkan dengan menunaikan ibadah kurban untuk dibagikan kepada seluruh umat Islam yang bertujuan menjadikan manusia yang tataqun ( bertaqwa ). Meneladani dari para Nabi dan Rasul terdahulu agar senanatiasa bisa mencapai Ridho-Nya.

Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, umat Islam diwajibkan untuk berqurban bagi mereka yang mampu. SD N Karanganyar melaksanakan agenda rutin tahunan dengan menyembelih hewan kurban.

Sesuai dengan firman Allah Swt, umat Islam diwajibkan bagi yang mampu untuk berqurban dengan niat dan ikhlas. Maka pada hari Rabu, 11 Juli 2022 (11 Dzulhijjah 1443 H) SD N Karanganayar, Gedangsari mengadakan acara penyembelihan hewan kurban.

Alhamdulilah kegiatan kali ini sudah bisa dilaksanakan secara normal semua siswa melihat proses penyembelehan dan melakukan takbir bersama bapak-ibu guru serta karyawan karyawati.

Pada acara ini hewan qurban yang disembelih adalah seekor sapi. Hewan qurban berupa sapi merupakan hasil dari iuran 5 orang guru, hasil infaq Jumat oleh siswa dan juga dari BMT UMMAT.

Sohibul Qurban Hari Raya Idul Adha 1443 H

1. Riyantiningsih Binti Ribut

2. Alm.Ibu Sudarmi Binti Adi Utomo

3. Fracasita Putri Maharani Binti Agus Wiratno

4. An-Naafi’ Mahrunnisa’ Binti Suripto

5. Dewi Anggraheni Binti Suripto

6. Kel. Ida Anjar Arum

7. Muhammad Rifa’I Bin Lestariyono

Proses penyembelihan sapi dilakukan di sebelah barat sekolah. penyembelihan sampai pembagian dilakukan dengan lancar hingga acara selesai sampi pukul 11.00 WIB. Setelah semua siswa dipastikan sudah mendapatkan bagian maka kegiatan terakhir adalh makan bersama bapak ibu guru, karyawan dan beserta komite serta para petugas yang menyembelih hewan qurban.

Demikian pelaksanaan penyembelehan hewan kurban dan pembagian daging hewan Qurban kepada para penerima, proses pendistribusian berlangsung tertib dan teratur, kemudian agar dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi sekolah maupun pihak-pihak terkait, untuk ikut terlibat dalam mensukseskan kegiatan penyembelihan hewan kurban di SD Karanganayar, Gedangsari, Gunungkidul. Semoga kegiatan ini tetap bisa dilaksanakan untuk dapat melatih siswa yang berkarakter, berjiwa kasih sayang, suka berbagi, ikhlas dan rela berkurban.

Terimakasih, salam sehat, salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.

Gunungkidul, 12 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post