SUMARTONO

Sumartono, lahir Jember, 06 Juni 1972. Mengamalkan ilmu di SMKN 4 Bondowoso. Alamat rumah Jelbuk Jember Jawa Timur. Jadikanlah setiap aktifitas sebagai ib...

Selengkapnya
Navigasi Web
WORKSHOP PENERAPAN TEFA ASISTEN KEPERAWATAN CAREGIVER
Pemaparan Materi oleh IDUKA Senior Living Bogor

WORKSHOP PENERAPAN TEFA ASISTEN KEPERAWATAN CAREGIVER

WORKSHOP PENERAPAN TEFA ASISTEN KEPERAWATAN CAREGIVER

Sebagai tindak lanjut dari Benchmarking dan MoU SMK Negeri 4 Bondowoso yang ditandatangani awal Agustus 2022 dengan Iduka Senior Living di Bogor, mengadakan beberapa workshop dan kegiatan. Diantaranya Workshop Penerapan Teaching Factory (TEFA) Bersama Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) Program SMK Pusat Keunggulan Sektor Prioritas Pekerja Migran Potensial Tahun 2022. Workshop dihadiri oleh 2 pemateri dari IDUKA, KS, Kaproli Asisten Keperawatan Caregiver, guru produktif AKC, guru Kewirausahaan, Komite Pembelajaran, Kurikulum, Humas, BKK, guru BK dan Ka TU bertempat di ruang meeting.

Pemateri dari Senior Living, Ibu Nindya banyak menyampaikan materi, program yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 4 Bondowoso untuk melaksanakan TEFA. Diantara pemaparannya, Senior Living dalam melaksanakan pelayanan kepada senior (lansia) 4 Dimensi Layanan Kesehatan Lansia yaitu physical, mental, spiritual dan sosial.

Dimensi physical mencakup fitness darat dan air, kegiatan motorik, konsultasi dokter, monitor kesehatan Dn 24 jam emergency standby. Dimensi mental berupa games, group diskusi, sesi keterampilan, pelatihan komputer dan terapi pembelajaran. Dimensi sosial layanannya berupa karaoke & live music, movie night, hobby club, line dance dan wisata. Dimensi spiritual berupa waktu beribadah, transportasi ke rumah ibadah dan kerja bakti sosial.

Klasifikasi lansia terbagi menjadi 4 yaitu, Independent berupa gaya hidup yang sepenuhnya mandiri. Asisted Living yaitu lansia yang membutuhkan dukungan dalam kebutuhan sehari hari (Activity of Day Living). Dementia Support yaitu lansia yang membutuhkan dukungan dal hal kognitif. Nursing Care yaitu lansia yang membutuhkan dukungan fisik yang lebih.

Home Care Service yaitu layanan yang disediakan berupa:

1. Layanan pendampingan untuk senior oleh caregiver untuk membantu akvitas sehari hari dan pengecekan TTV (harian/bulanan/tahunan)

2. Layanan penangan luka terbuka (contoh: ducibitus)

3. Layanan Laboratorium (swab, cek gula, kolesterol, asam urat)

4. Layanan theraphy, yaitu fisio theraphy, speech theraphy, occupation theraphy (perlu memiliki therapist bersertifikat.

Untuk memberikan rasa nyaman dan kelengkapan sarana dan prasarana, fasilitas yang harus disediakan yaitu:

1. Kantor Home Care

2. Ruang pelatihan Home Care (teori & praktik)

3. Asrama untuk Staff Home Care.

“Ciptakan Suasana Belajar Mengajar yang menyenangkan untuk dapat menciptakan lulusan yang aplikatif di Dunia Industri”

Enjoy Life Everyday

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post