Sumintarsih

Mengajar di SMP Al Irsyad Purwokerto...

Selengkapnya
Navigasi Web
Siswa Jualan di Sekolah

Siswa Jualan di Sekolah

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan guru dalam upaya penanaman karakter yang baik kepada para siswanya. Ada hal kecil yang saya lakukan untuk negeri ini, maksud saya untuk murid-murid saya. Sedikit meminjam pesan Aa Gym, untuk sebuah perubahan positif, mulailah dari yang paling kecil, mulai dari sekarang, dan mulai dari diri sendiri.

Tahun ini, periode ketiga saya mengelola kegiatan pengurus OSIS. Meski belum seberapa, sudah ada perubahan geliat murid berorganisasi. Banyak murid mulai mengakui dan tertarik dengan kegiatan OSIS bahkan pengurus OSIS yang hampir lengser mengatakan belum pingin meletakkan jabatannya. Pekan-pekan ini pun sedang proses seleksi calon pengurus OSIS, seleksi tahap dua, dari 91 pendaftar akan diambil 40 putra dan putri.

Seperti pada umumnya, saya sering share kegiatan mereka di medsos. Kemarin siang ada sebuah tanggapan yang hiperbola, tapi seru menurut saya, "Seleksi calon pengurus OSIS kok melebihi seleksi calon presiden." Ha..ha..., biarlah mereka nerakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian.

Tentu tidak akan saya tuliskan semua di sini, biarlah satu per satu.

Tantangan lima hari pada seleksi tahap II ini, salah satunya adalah siswa aecara individu berjualan sepuluh potong kue pada 6.30 - 07.00 dengan harga Rp2.500. Mereka mengitung dan melaporlan hasilnya. Bila laku semua, uang lima ribu keuntungannya bakal masuk kantong mereka. Alhamdulillah dari latihan seperti ini, sukses kantin OSIS pengurus OSIS tahun ini, khususnya putri, sudah mengumpulkan enam juta rupiah setahun, menjadi hak 21 anak. Awalnya hanya untuk membayar jas OSIS yang hanya Rp185.000, tetapi mwreka pingin melanjutnya berjualan tiap pulang sekolah, 4 hari dalam sepekan.

Bersambung....

15102018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ini praktik pendidikan kewirausahaan yg sangat bagus dijalankan di sekolah.

20 Oct
Balas

Alhamdulillah....trim dia dan dukungan dr bpk ibu.

21 Oct
Balas

Duuh...bunda ngingetin saya waktu duluuuuu berjualan di sekolah. Mantraffff, bunda. Membentuk kewirausahaan dan kemandirian sekaligus kerja sama yang baik. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

20 Oct
Balas

Luar biasa, pembentukan karakter, belajar demokrasi. Barakallah

20 Oct
Balas

Disekolah kami osisnya juga sudah mulai berjualan, hehee..

20 Oct
Balas



search

New Post