Sunarti

Bismillah semoga dapat mancari ilmu disini, aamiin...

Selengkapnya
Navigasi Web

Tugas Menemukan Rumus Luas Permukaan Bola

Menemukan Rumus Luas Permukaan Bola dengan Kulit Jeruk

SMPN Batang, Jawa Tengah

Saya guru matematika SMP Negeri 7 Batang, melatih kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika kelas IXA dengan memanfaatkan benda-benda di sekitarnya untuk menemukan rumus luas permukaan bola dengan menggunakan kulit jeruk.

Kegiatan pembelajaran diawali dengan merefleksi pembelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pertanyaan-pertanyaan yang memancing. Misalnya, pertanyaan “Kalian tahu apa yang Ibu pegang?”. Serempak siswa menjawab “Jeruk!”. Kemudian “Rumus apa yang bisa didapatkan dari sebuah jeruk?” dan selang beberapa saat sebagian kecil siswa menjawab “Lingkaran” dan sebagian siswa lainnya “Bola Bu” dengan nada pelan. “Baik, bagus sekali. Agar lebih jelas, kita akan memulai saja ya!” ajak Bu Santi. Serempak semua siswa menjawab, “Baik Bu.”

Setelah siswa antusias dengan pembelajaran yang akan dimulai, siswa diminta berhitung 1 sampai 5. Yang mendapat nomor 1 bergabung dengan nomor 1, nomor 2 dengan nomor 2, dan begitu seterusnya. Siswa berkelompok sesuai dengan nomornya. Kemudian Lembar kerja kelompok dibagikan dan masing-masing kelompok diberikan satu buah jeruk sebagai media. “Coba anak-anak, kibas-kibaskan kertasnya yang sudah mendapatkan lembar kerja,”.

Setiap kelompok melukis lingkaran permukaan jeruk sebanyak 5 buah pada kertas karton yang telah disediakan sesuai besar jeruk dengan menggunakan pensil. Setelah terlukis 5 gambar lingkaran, kulit jeruk dikupas kecil-kecil, kemudian ditempel menutupi setiap lingkaran. Dari 5 kelompok, ada satu kelompok yang membuat lingkaran lebih kecil daripada ukuran sebenarnya sehingga pada saat menempel ada kulit jeruk yang tersisa.

“Tepuk tunggal!” kataku, lalu seluruh siswa bertepuk tangan sekali. “Tepuk ganda!” siswa pun bertepuk tangan sebanyak dua kali. Saya mengatakan “Matematika!” yang dijawab secara yel-yel serentak oleh seluruh siswa “Aku Suka, aku bisa, aku cinta.” lalu mengingatkan tentang rumus lingkaran yang telah dipelajari dan membimbing siswa menemukan rumus luas permukaan bola dari praktik kulit jeruk yang ditempelkan pada lingkaran yang dibuat.

Hasil tempelan kulit jeruk dari kelompok 1 dan 2

Kegiatan selanjutnya presentasi kelompok. Ketika ditanya “Ada kelompok yang ingin mempresentasikan hasil kerjanya?”, langsung kelompok 2 mengangkat tangan dan maju untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Siti Fatimah, presenter yang mewakili kelompoknya, menjelaskan bahwa luas permukaan bola adalah 4 kali luas lingkaran karena kulit jeruk dapat menutup 4 lingkaran yang telah dibuat.

Luas Lingkaran adalah r2 karena ada 4 lingkaran yang dapat ditutup dengan kulit jeruk. Jadi, luas permukaan bola (di sini jeruk sebagai bola dan bahan praktik) adalah 4 kali luas lingkaran sama dengan 4 kali luas lingkaran sama dengan 4 kali r2 atau 4 , dimana r adalah jari-jari jeruk.

Setelah sesi presentasi selesai, setiap kelompok memajang hasil diskusi di dinding samping dan belakang. Setiap kelompok melakukan kunjung karya ke kelompok yang lain.

Usai kunjung karya, Saya memandu siswa dalam sesi diskusi, lalu memberikan masukan dan jawaban yang belum dipahami siswa dengan baik dan telaten.

“Anak-anak, sekarang ayo kita kerjakan soal secara individu dalam waktu 15 menit,” selang 15 menit kemudian, siswa dipandu menukarkan jawaban dengan teman di sebelahnya, lalu mencocokkan jawaban dan memberi bintang pada jawaban yang benar.

Sepuluh menit sebelum jam pelajaran berakhir, siswa membuat rangkuman tentang pembelajaran sambil saya membagikan selembar kertas sebagai refleksi pembelajaran. Siswa dapat menuliskan hal-hal yang bermanfaat, yang membingungkan, ataupun yang menyenangkan tanpa diberi nama dalam kertas tersebut.*

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu

15 Mar
Balas

Makash Pak, itu lagi belajar memposting kok pak

15 Mar

Saluuuttttt buat Bu Sunarti Sukses selalu, Bu!

17 Mar
Balas



search

New Post