Dra. Suningsih, M.Pd

Suningsih, guru IPA pada MTsN 6 Jakarta. Pendidikan S1 IPA IAIN Jakarta, S2 MIPA UNINDRA. Ingin belajar menulis pada rekan-rekan di gurusiana.id. dan silahkan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bagaimana Artikel Opini Yang Layak Muat Media?

Bagaimana Artikel Opini Yang Layak Muat Media?

Menulis opini adalah suatu kegiatan berbagi informasi, pengalaman, juga pengetahuan untuk orang lain. Oleh karena itu, menulis opini semestinnya dilakukan dengan hati. Bagaimanakah artikel opini yang layak muat di media massa? Yuk kita lihat:

Pertama, buatlah judul yang unik dan menarik, dengan kalimat yang tidak terlalu panjang. Selain itu, judul juga harus memikat, tidak klise dan menggugah selera . Ya… selera pembaca tentunya, sehingga pembaca tidak ingin melewatkan tulisan yang kita buat.

Kedua, penulisan opini yang dibuat, seharusnya menggunakan bahasa yang komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Karena pada umumnya pembaca kurang menyukai tulisan yang panjang, apalagi membuat si pembaca merasa lelah dengan apa yang “disuguhkan”.

Ketiga, seperti halnya berita, menulis opini pun memerlukan kaitan dengan sebuah peristiwa. Yaitu peristiwa yang sedang ‘ngetrend”, dan relevan dengan apa yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Semakin berkaitan, maka kemungkinan opininya dimuat di media massa, akan semakin besar .

Keempat, hindari isi tulisan opini yang menggurui. Seakan penulisnya ingin ”menampilkan” kepintarannya dalam hal menulis. Tetapi, tulislah contoh atau kejadian yang terjadi sehari-hari. Gunakanlah dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Terakhir, jangan lupa lakukan swa sunting. Bacalah perlahan dalam hati, apakah tulisan kita sudah asyik untuk dibaca?

Nah..., apakah anda penulis pemula seperti saya? Mari sebaiknya kita mencoba. Yuk kita coba!

Pojok Lab IPA MTsN 6 Jakarta

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

ManTul

08 Mar
Balas

Terima kasih bu hajjah.... tulisan ibu juga kereen . Maaf baru buka lagi nie bu,.. lagi ribet banget, he he

18 Aug

Hayooo kita sama mencoba dan berusahaSemangat bu Ning

13 Feb
Balas

Siaap bu hajjah. Insya Allah

18 Aug



search

New Post