Dra. Suningsih, M.Pd

Suningsih, guru IPA pada MTsN 6 Jakarta. Pendidikan S1 IPA IAIN Jakarta, S2 MIPA UNINDRA. Ingin belajar menulis pada rekan-rekan di gurusiana.id. dan silahkan ...

Selengkapnya
Navigasi Web

MENULIS DAN MENGHASILKAN KARYA

NIAT TULUS DAN DISIPLIN

Menulis hingga menghasilkan sebuah karya, merupakan kegiatan yang tidak mudah. Bergantung bagaimana kita mengaturnya. Strategi yang saya gunakan antara lain:

1. Niat yang tulus

Sebelum memulai menulis, tanamkan niat dalam hati. Bahwa menulis adalah keinginan diri sendiri. Ingin belajar menulis yang baik, dan menghasilkan karya yang bermanfaat. Baik untuk diri sendiri, juga untuk orang lain. Menulis juga merupakan kebutuhan seorang guru, untuk mengeksplor yang dilihat, didengar dan dirasakan. Baik di lingkungan sekolah, tempat tinggal dan alam sekitar tentunya.

2. Disiplin

Untuk menghasilkan karya, amat dibutuhkan kedisiplinan. Sebagai seorang guru, kita harus mampu mengatur dan memanfaatkan waktu ditengah kesibukan yang ada. Dengan begitu, tugas dan tanggung jawab yang diberikan tetap bisa dilaksanakan, dan kita dapat menikmatinya dengan santai. Karena menulis bisa dilakukan dimanapun kita berada.

Strategi di atas memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya adalah, harus memiliki keinginan kuat dan melawan rasa malas. Adapun kelebihannya, mampu mengatur waktu dan terbiasa disiplin dalam segala hal, sehingga semua berjalan dengan teratur dan berkesinambungan.

Suningsih_Jakarta Timur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih bu, itu modal dasar saja,, disamping ada strategi strategi lainnya.

29 Jan
Balas

Keren tips menjadi penulis yang ok

29 Jan
Balas



search

New Post