Supardi

Seroarang guru SD Negeri Sukarahayu 02 Di Kabupaten Bekasi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kopi Sindang (Tantangan Hari Ke 12)

Kopi Sindang (Tantangan Hari Ke 12)

Sudah menjadi habit orang Indonesia untuk meluangkan waktu bersama dengan ngobrol sambil minum kopi. Kopi sebuah minuman yang cocok di minum di kala pagi, siang atau malam hari, ditambah dengan cemilan ringan sehingga menambah nikmat dan seru untuk menghabiskan waktu.

Dengan menjamurnya tempat-tempat nongkrong bagi kaum milenial, peluang bisnis membuka kedai atau kafe menambah gairah perekonomian Indonesia. Kopi yang dijajakan berbagai macam varian, mulai dari ekspreso, late, capucino, kopi tubruk dan sebagainya. Tetapi ciri khas masyarakat kalangan menengah ke bawah ialah kopi hitam tubruk yang melegenda.

Di suku Betawi, ada sebuah plesetan tentang kopi hitam. Namanya kopi sindang (kepanjangan dari kopi setesi air sedandang) tesi ialah alat makan dengan nama lain sendok, sedangkan dandang alat untuk menanak nasi zaman dulu. Artinya ialah kopinya sedikit dan airnya banyak. Kopi sindang cocok disajikan setiap saat, biasanya berupa kopi sachetan atau bubuk yang digiling secara manual. Alat untuk menyajikan kopi yang lazim digunakan suku Betawi berupa mug besar yang terbuat dari besi atau alumunium.

Selera orang tentang kopi hitam berbeda-beda, ada yang suka manis, bisa dicampur susu atau ada yang tanpa diaduk. Kopi tidak diaduk memiliki arti, sebuah kopi ditaruh di wadah menggunakan gula tetapi jangan diaduk. Sehingga rasa kopi lebih "ngena" di lidah. Rasa pahit dan masam menjadi sensasi tersendiri bagi penikmat kopi.

Mannfaat mengkonsumsi segelas kopi, dikutip dari alodokter.com, dengan meminum segelas kopi

1. Mencegah depresi

2. Meningkatkan daya ingat

3. Mencegah penurunan fungsi otak

4. Menurunkan berat badan

5. Mencegah diabetes tipe B

Selain manfaat didapat, terlalu banyak mengkonsumsi kopi berakibat

1. Sulit tidur

2. Gelisah

3. Nyeri perut

4. Jantung berdebar

Tidak salah jika seseorang kecanduan kopi, zat caffein menjadi salah satu pemicunya. So bijaklah dalam mengatur strategi ngopi.

#Tantangan Gurusiana#

#SayaSukaNgopi#

#KopiItemJanganDiaduk#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post