supartini

Supartini panggilan akrab bu Tin lahir di Kota Angin Nganjuk pada tanggal 19 Agustus 1969. Menempuh pedidikan SD sampai SPG di Nganjuk. Alumni Jurusan Bahasa da...

Selengkapnya
Navigasi Web

Serunya Upgrade Kompetensi Kepala Sekolah Melalui Diklat Penguatan Moda Daring

Salah satu syarat untuk menjadi kepala sekolah adalah memiliki sertifikat kepala sekolah. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut calon kepala sekolah maupun kepala sekolah harus mengikuti diklat yang dilaksanakan oleh kemendibud.

Ditengah pandemi covid-19 Diklat penguatan kepala sekolah dilakukan dengan moda during. Angkatan -4 peserta dari kabupaten Gresik mengikuti di LPD Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum ( UNIPDU) Jombang. Acara dibuka tanggal 16 Nopember dan diakhiri 15 Desember 2020. Peserta diklat beragam umur.Pesrta terbagi menjadi tiga kelaas A,B,C. Saya berada di kelas B dengan jumlah 19 peserta, dengan pengajar yang masih muda berbakat Dhikrul Hakim,M.PdI dan operator Alif Arsalam Muharram.

Kegiatan terbagi menjadi tiga tahab yaitu On The Job Training (OTJ) 1, In ServiceTraining (IST) dan OJT 2. Pendalaman materi kompetensi kepala sekolah difokuskan pada bagaimana kepala sekolah dapat mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada disekolah yang dipimpinnya.Melalui paparan materi, diskusi baik lewat google meet dan chat peserta dibimbing untu dapat mengidentifikasi masalah,mencari solusi dan menyusun dan melaksanakan Rencana pengembangan Sekolah untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada di lembaganya.

Selain itu ada sesi berbagi praktik baik . Masing-masing peserta menampilkan hal terbaik yang telah dilakukan yang membawa perubahan yang baik di sekolahnya. Dari 19 peserta tentunya ada 19 pengalaman baru yang dapat diadopsi untuk diterapkan di lembaga masing-masing.

Puncak kegiatan adalah membuat video pelaksanaan rencana Pengembangan Sekolah (RPS) yang harus diunggah di canel youtube. Hal ini memerlukan tenaga ekstra namun sangat berdampak pada semangat peserta dan guru-guru yang ada di lembaganya Peserta menampilkan hasil unjuk kerja dari RPS yang telah disusunnya.

Yang sangat mengesankan dari kegiatan during ini adalah ketika koneksi internet putus nyambung. karena forum during terbatas waktu peserta dibuat senam jantung atau dag dig dug ketika koneksi internet tidak bersahabat. Segala upaya dilakukan agar dapat mengikuti kegiatan forum karena itu salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh peserta. Salud dan acung jempol peserta dari Pulau Bawean. Walaupun banyak kendala namun tidak menyurutkan semangatnya untuk mengikuti kegiatan ini. Sangat luar biasa. Alangkah sangat luar biasanya jika semangat itu tetap melekat pada semua kepala sekolah tidak hanya ketika diklat saja , namun semangat melekat dalam keseharian dalam mengemban tugas mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Sebagai realisasinya selalu bersemangat menjadi pemimpin perubahan yang dapat dibanggakan. Salam sehat selamat berkarya.

Sekolahku 15 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Semangat bu, semoga dimudahkan, dilancarkan, lulus dapat sertifikatnya. Salam literasi dan sukses selalu. Ijin daya follow nanti follow balik ya bu

15 Dec
Balas

Aamiin inggih

15 Dec



search

New Post