SUPRAPTO, S.Pd., M.Pd.

Penulis Buku: Belajar SET-SET WET dari NEGERI TIRAI BAMBU, adalah Seorang GURU BIOLOGI di SMAN 1 KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR 62272...

Selengkapnya
Navigasi Web
Simulasi Pembelajaran Tatap Muka di SMAN 1 Kedungpring (TMG365H, H.282)
Sumber: Dokumentasi Penulis

Simulasi Pembelajaran Tatap Muka di SMAN 1 Kedungpring (TMG365H, H.282)

Simulasi Pembelajaran Tatap Muka di SMAN 1 Kedungpring (#TMG365H, H.282)

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Lembaga pendidikan formal TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK sudah memasuki Tahun pelajaran 2020/2021. SMAN 1 Kedungpring pada awal tahun pelajaran baru melaksanakan pembelajaran dengan sistem daring (dalam jaringan). Platform yang digunakan yaitu ruang kelas ruang guru. SMAN 1 Kedungpring bekerjasama dengan RuangGuru. Moda daring ini berjalan selama satu bulan yaitu bulan Agustus 2020. Moda daring berjalan satu bulan, kemudian dievaluasi, selanjutnya dilaksanakan simulasi pembelajaran tatap muka. Alhamdulillah.

Simulasi pembelajaran tatap muka tahap 1 di SMAN 1 Kedungpring dimulai hari Senin, 7 September 2020 sampai dengan 2 Oktober 2020. Penilaian tengah semester ganjil dilaksanakan mulai hari Senin, 5 Oktober sampai dengan Jum’at, 16 Oktober 2020. Bentuk soal uraian dan dilaksanakan di sekolah (tatap muka). Setelah PTS, dilanjutkan simulasi tatap muka tahap 2. Pembelajaran tatap muka dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi 1 dilaksanakan pukul 07.30 – 10.30 WIB. Sesi 2 dilaksanakan pukul 12.00 – 15.00 WIB. Contoh: Sesi 1 pada pekan ke-1 untuk siswa dengan daftar hadir ganjil, sesi 2 untuk siswa dengan daftar hadir genap dan sebaliknya. Kegiatan belajar tatap muka mulai hari senin sampai dengan kamis. Khusus hari jum’at dilaksanakan senam kesegaran jasmani (SKJ) dengan peserta bergiliran. Contoh: pekan ke-1 untuk kelas X, pekan ke-2 untuk kelas XI, pekan ke-3 untuk kelas XII dan seterusnya.

Tahun pelajaran 2020/2021 ini, Saya mengajar sebanyak 10 kelas dengan jumlah 38 jam pelajaran. Rinciannya yaitu mata pelajaran Biologi pada peminatan IPA sebanyak 22 jam pelajaran dan mata pelajaran Biologi lintas minat sebanyak 16 jam pelajaran. Jadwal simulasi selama pandemi Covid-19 diberlakukan 50%. Contoh: Mata pelajaran Biologi kelas X (sepuluh) real 3 jam diberlakukan 2 jam, sedangkan Biologi kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas) real 4 jam diberlakukan 2 jam. Jadi total mengajar selama satu pekan yaitu 40 jam pelajaran dalam dua sesi (kelas ganjil dan kelas genap). Satu jam pelajaran pada kondisi normal 45 menit, tetapi selama masa pandemi Covid-19 hanya 30 menit.

Semoga Covid-19 segera tuntas. Aamiin.

Lamongan, 22 Oktober 2020 M / 5 Robi’ul Awwal 1442 H

#MenulisBagianDisiplinWaktu

#SalamSemangatBiologi

#SemangatMencapaiGurusiana365

#TantanganMenulis365HaridiGurusiana

Blog: supraptobiologi.com

Email: [email protected]

Semoga Covid-19 segera tuntas. Aamiin.

Lamongan, 22 Oktober 2020 M / 5 Robi’ul Awwal 1442 H

#MenulisBagianDisiplinWaktu

#SalamSemangatBiologi

#SemangatMencapaiGurusiana365

#TantanganMenulis365HaridiGurusiana

Blog: supraptobiologi.com

Email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Pak, semoga proses pembelajaran berjalan lancar. Tetap sehat, bahagia selalu. salam.

23 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Sanria tas doa dan SKSSnya.

29 Oct

keren bapak fotonya pak guru, sukses selalu Bapak Suprapto, barakallah

23 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Bapak Herru atas doa dan SKSSnya.

29 Oct

Semoga kami juga bisa luring. Semangat pak. Sukses selalu

24 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Nurbaiti atas doa dan SKSSnya.

29 Oct

Selamat new nornal. Dan selamat to be a new presenter on Literasi Keluarga Seminar

23 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Shobib atas doa dan SKSSnya

29 Oct

Wah sudah tatap muka asyik dong pak. Semoga sehat n sukses selalu. Barokallah

23 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Erwin atas doa dan SKSSnya.

29 Oct

Mantap pak. Salam sukses selalu.

22 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih Bu Nelfia atas doa dan SKSSnya

23 Oct

Mantap pak , berarti ada kesepakatan bersama.

15 Nov
Balas

Mantap Pak Suprapto...semoga pembelajaran berjalan lancar. Sukses selalu.

15 Nov
Balas

Siip,pak sudah persiapan tatap muka de jadwal yg apik. Semoga semua lancar.. salam sukses,pak

22 Oct
Balas

Aamiin. Terima kasih bu Rahayu atas doa dan SKSSnya

23 Oct



search

New Post