suprihationo sardi

Guru Biologi di SMA Negeri 5 Semarang, Edutrainer SEFT For Healing Training. Tinggal di Kota Semarang....

Selengkapnya
Navigasi Web
NYARIS LEWAT LAGI, SEWOT !
Analisis SWOT (gambar:cpssoft.com)

NYARIS LEWAT LAGI, SEWOT !

Semarang, 4 Maret 2020. Kadang kita merencanakan sesuatu tanpa mengukur kemampuan diri. Inilah hal yang semestinya tidak dilakukan. Dalam membuat rencana kegiatan sudah seharusnya memperhatikan apa-apa yang diharapkan mampu mendukung pelaksanaannya.

Istilah kerennya adalah melakukan analisis SWOT sebelum melaksanakan suatu kegiatan.

Kenali kemampuan dan ketidakmampuan, tantangan dan hambatan. Dari situ maka kita buat rencana kegiatan sesuai dengan kompetensi yang kita miliki. Datang ke perpustakaan, kita baca lebih lengkap tentang Analisis SWOT.

SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama kita ke dalam daftar yang terorganisir. Disajikan dalam tabel yang sederhana untuk mudah dibaca dan dipahami.

Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah berasal dari internal diri kita. Apa saja yang dapat Kita kontrol dan dapat berubah pada diri sendiri. Jika kita memimpin perusahaan maka hal ini penting untuk mengenal potensi kelebihan dan kekurangan perusahaan Kita di tengah-tengah persaingan global. Siapa yang ada di perusahaan kita.

Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Kita pada pasar yang lebih besar. Kita dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi kita tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. Di kemudian hari teknik ini menjadi sesuatu yang perlu dilakukan oleh semua orang yang akan membangun dirinya menjadi lebih baik.

Ketika kita melakukan analisis SWOT, maka kita akan mempelajari strategi yang solid untuk memprioritaskan pekerjaan yang perlu kita lakukan untuk mengembangkan bisnis kita. Secara mikro jika kita ingin melakukan perubahan pada diri sendiri untuk masa yang akan datang, alangkah baiknya jika kita melakukan analisis SWOT pengembangan diri.

Datanglah ke perpustakaan umum atau ke perpustakaan digital. Selamat mempelajarinya dan selamat mencoba. Barokallahulana wa iyyakum.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post