SUPRIYADI, Drs, S. E, M. Pd

Lahir di Surabaya 24 Nopember 1966, nama pena Supriyadi Bro. Bertempat tinggal di Desa Brangkal, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. Membaca dan menulis adalah kes...

Selengkapnya
Navigasi Web
TIPS BERKARYA TULIS

TIPS BERKARYA TULIS

TIPS MEMULAI BERKARYA TULIS

Ingin berkarya tulis, tapi selalu nihil karya. Semoga TIPS di bawah ini mampu mengantarkan anda menghasilkan karya tulis.

Hambatan terbesar dalam berkarya tulis adalah menghakimi karya sendiri, bahwa merasa karya tulisnya jelek atau selalu salah.

Terlalu banyak melakukan koreksi atau perbaikan saat mulai menuangkan kata atau kalimat, adalah penyebab terbesar frustrasi memulai berkarya tulis.

Mulai menulislah dan terus menulis menuangkan yang ada di pikiran, lintasan perjalanan, pengalaman hidup, perasaan, hasil renungan, pendapat, tanggapan peristiwa atau sesuatu hasil tangkapan indra.

Membaca dan menulis adalah serangkai dan saling melengkapi. Ide menulis juga banyak hadir dari hasil membaca. Membaca akan memperkaya kosa kata sebagai modal menulis. Banyaklah membaca puisi jika ingin menulis puisi, membaca cerpen jika ingin menulis cerpen, membaca artikel jika ingin menulis artikel, dst nya.

Belajar menulis dengan menulis. Lakukan kegiatan menulis apa saja yang terlintas di imajinasi atau terpikir untuk dituangkan. Di tahap awal menulis, biarkan mengalir dan jangan lakukan editing. Abaikan kualitas, targetkan kuantitas dulu.

Ibarat melaju di jalan, semakin sering kita lewati lintasan jalan yang sama, akan tahu dengan mudah posisi lubang jalan di sepanjang jalan yang kita lintasi . Artinya semakin sering kita berkarya tulis, lambat laun akan tahu sendiri "lubang" / kekurangan karya tulis kita. Jangan takut salah berkarya tulis, mulai saja menulis. Abadikan alam pikiran, perasaan dan pengalaman ke dalam karya tulis. Suatu saat, anda akan terkagum hasil karya tulis yang anda hasilkan. Anda akan abadi dalam karya Anda di putaran kehidupan. Semoga manfaat.

(Supriyadi Bro, 13/3/2021)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post