Supriyanto,M.Pd

Kasihilah penduduk bumi, niscaya penduduk langit mengasihimu...

Selengkapnya
Navigasi Web
BEKAL MASA DEPAN GEMILANG seri 2
Para calon pemimpin masa depan. Siswa-siswi kelas IX SMP Al Hikmah Surabaya 2006

BEKAL MASA DEPAN GEMILANG seri 2

BEKAL MENUJU MASA DEPAN GEMILANG

(Bagian Kedua dari dua tulisan)

Setiap perjalanan pasti memerlukan perbekalan yang cukup guna menyuplai tenaga serta menjaga stamina agar perjalanan bisa ditempuh dengan lancar demi tercapainya kehidupan yang lebih cemerlang. Siapa yang bekalnya cukup dan bermutu, maka dialah yang akan berhasil menempuh perjalanan.

Marilah bersama kita ungkap 5 (lima) bekal yang dapat mengantar kita sukses meraih masa depan gemilang. Kelima bekal tersebut adalah : keimanan yang kuat, keikhlasan dalam beramal, keberanian dalam berjuang, kesabaran menghadapi ujian dan optimisme menggapai kesuksesan.

Pada bagian pertama, telah kita bahas 3 bekal, yaitu : KEIMANAN YANG KUAT, KEIKHLASAN DALAM BERAMAL dan BERANI DALAM BERJUANG. Sekarang mari kita bahas 2 bekal selanjutnya.

4. KESABARAN MENGHADAPI UJIAN

Setiap perjalanan menuju keberhasilan pasti harus melewati ujian. Tiada keberhasilan tanpa adanya susah payah dan tiada perjuangan tanpa cobaan dan halangan. Sesungguhnya semakin tinggi cita-cita dan keinginan seseorang, akan semakin berat cobaannya. Semakin tinggi iman seseorang akan semakin berat ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Cobaan dan ujian adalah suatu sunnatullah.

“Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan, “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka....” (Qs.Al-Hujurat 49:2-3)

Sedangkan mengenai bentuk ujian dan cobaan tersebut, Allah SWT menjelaskan,”...Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah orang-orang yang beriman bersamanya,”Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu sangat dekat.”(Qs.Al-Baqarah 2:214)

Wahai pemuda, anda bisa membayangkan bagaimana beratnya siksaan yang diterima oleh sahabat-sahabat Rasulullah SAW seperti Bilal bin Rabah, Amar bin Yasir, Khabab bin Arath dan lain-lain. Bayangkan juga bagaimana Thomas Alfa Edison yang dikatakan oleh gurunya sebagai anak bodoh, juga Albert Einstein yang dikatakan oleh masyarakatnya sebagai orang tidak waras. Tetapi kemudian sejarah membuktikan bagaimana prestasi mereka yang gilang gemilang. Kalau mereka bisa, andapun pasti bisa.

5. OPTIMISME MENGGAPAI KESUKSESAN

Masih ingatkah anda pada pepatah, ”Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian”? Anda pasti setuju dengan saya bahwa tidak ada lautan yang tiada bertepi, tiada sumur yang tiada berdasar. Semua perjalanan akan mencapai terminal akhirnya jika si penempuh jalan itu istiqomah dengan arah perjalanannya, dan tidak putus asa menghadapi terpaan badai dan tegar seperti karang di lautan.

Yakinlah akan janji-janji Allah bahwa orang-orang beriman pasti mencapai kemenangan lagi sebagaimana dahulu pernah menguasai 2/3 dunia. Ummat Islam akan menguasai kota Roma dan membunuh semua Yahudi durjana yang selama ini selalu membuat kerusakan di mana-mana. Yakinlah juga bahwa jika sudah tiba masanya kelak, Nabi Isa AS akan diturunkan lagi ke dunia untuk membenarkan ajaran Islam dan menghancurkan semua salib yang selama ini menjadi berhala bagi manusia.

Wahai pemuda, di tangan andalah kejayaan Islam itu akan terwujud. Bangkitlah dengan kekuatan dan keyakinan penuh bahwa pertolongan Allah akan segera tiba seiring dengan seriusnya anda dalam berjuang menegakkan Islam di dada, dan membumikan syari’at Islam untuk menghapus semua aturan dan isme-isme jahiliyah buatan manusia durjana.

Ingatlah, keberhasilanmu bergantung pada pertolongan Allah SWT yang berbanding lurus dengan kesungguhanmu dalam memperjuangkan agama Allah. Perhatikan janji-Nya berikut ini :“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah maka Allah akan menolong kamu dan mengokohkan kedudukanmu di muka bumi.”(Qs.Muhammad 47:7)

“Dan sesungguhnya telah tetap janji Kami kepada hamba-hamba Kami yang menjadi rasul (yaitu) sesungguhnya mereka itulah yang pasti mendapat pertolongan. Dan sesungguhnya tentara kami itulah yang pasti menang.” (Qs. Ash-Shaffat:171-173)

Wahai para pemuda yang penuh semangat, itulah lima bekal yang harus anda persiapkan dalam mengarungi perjalanan yang panjang ini. Keberhasilan anda bergantung seberapa dalam anda menguasai kelima jenis perbekalan yang saling berkaitan itu. Yakinlah bahwa anda pasti bisa, karena andalah ummat yang terbaik di antara ummat-ummat yang lain.

“Kalian adalah ummat terbaik yeng dilahirkan untuk manusia, yang menyuruh kepada kebajikan dan mencegah dari kemungkaran serta kalian beriman kepada Allah.”(Qs.Al-Imron 3:10)

Selamat berjuang. Yakinlah masa depan gemilang tengah merindukan anda semua. Semoga berhasil. Allahu akbar. Hasbunallah wa ni’mal wakiil. Kepada Allah jualah kita serahkan semua urusan.

Wallahu a’lam bishawwab

Referensi :

1. Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag RI

2. Pesan Untuk Pemuda Islam, DR. Abdullah Nasih Ulwan

3. 5 taujih Ruhiyah, DR. Abdullah Nasih Ulwan

4. Karakteristik 60 Sahabat Rasulullah, Syaikh Khalid Muhammad Khalid

5. Kewirausahaan Yang Berproses, Prof. DR. Thoby Mutis

6. The Magic of Thinking Big, DR. David J. Shwartz

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post