Supriyanto shodiq

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Best Paractice BIAS MERUPAKAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AGAMA DALAM BENTUK PRAKTEK IBADAH

A. TAHAP PERENCANAAN

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan pendidikan yang berkaitan dengan pembentukan

spiritual dan karakter positif (akhlak) siswa. Selama ini, masih banyak pembelajaran PAI di sekolah yang belum berjalan dengan baik karena metode yang digunakan cenderung monoton, kurang sistematis, dan evaluasi yang dilakukan hanya kognitif sehingga banyak siswa yang kurang tertarik dengan pelajaran PAI. Namun demikian masih banyak pembelajaran PAI di sekolah yang unggul yang berhasil melaksanakan pendidikan

karakter, dan sekolah tersebut menjadi best practices dalam pelaksanaan pendidikan

karakter melalui PAI.

Agama merupakan tatanan kehidupan yang bersumber langsung dari sang pencipta yang Agung. Sumber otentik sebagai pentujuk kehidupan sekaligus mu’jizat Nabi yang bertahan sepangjang masa yaitu kalam Allah qodim “ Al Quranul Karim “ sebagai mana yang tercantum dalam QS Al Baqoroh ayat 2: ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

Selain Al quran sumber petunjuk Kehidupan adalah Hadist juga menjadi sumber hukum dalam melaksanakan ibadah. Oleh karenanya bila kita berpegang teguh atas ke-dua petunjuk kehidupan tersebut selamatlah kita dunia Akhirat dan tidak tersesat selama=lamanya.

تركت فيكم أمرين لن تضلوا ما تمسكتم بهما : كتاب الله، وسنة نبيه - صلى الله عليه وسلم HR Muslim no: 1218. “Sesungguhnya telah aku tinggalkan pada kalian dua perkara yang tidak akan tersesat selagi (kalian) berpegang teguh dengan keduanya yaitu al-Qur'an dan sunahku“. HR al-Hakim 1/284.

Segala bentuk, ibadah maupun mu’amalah setiap orang yang beriman harus didasari dengan Ilmu pengetahuan yang bersumber dari Al Qur’an dan Al Hadist.

Berdasarkan kondisi saat ini perkembangan teknologi semakin membius generasi untuk bergelut dalam dunia maya sehingga dikhawatirkan praktek agama yang dulu menjadi cahaya kehidupan manusia saat ini menjadi redup karena terlupakan. Oleh karena itu Pembelajran BIAS PAI tentang praktek ibadah menjadi Alternatif yang sangat kita butuhkan. Hal ini sesuai dengan Pembelajaran KD 4.3 3 Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.

B. Tahap Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan Ketika pembelajaran BIAS masing masing kelas mendapat 2 jam pelajaran setiap satu pekan , untuk materi disesuaikan dengan acuan penilaian pada Digislamic misalnya penilaian spiritual meliputi doa harian , praktek wudhu dan doa harian. Pada pembelajaran berikut ini adalah praktek tentang sholat masbuk berjamaah. Pelaksanaan praktek dilakukan secara kelompok, masing masing menentukan tugas ynag telah disepakai dalam kelompok meliputi Imam, jamaah yang menyertai imam, kemudian baru jamaah yang masbuk. Ketika pelaksanaan praktek sholat masbuk banyak ditemukan kekurangan bahkan ada yang tidak mengerti memulai sholat masbuk.

Contoh temuan yang terjadi.

1. Jamaah berdua Bersama imam kemudian datang jamaah masbuk , belum tahu cara

memberi isyarat agar jamaah disamping imam mundur dengan jamaah masbuk.

2. Jamaah masbuk datang setelah imam selesai rukuk , jamaah masbuk menunggu selesai

rokaat . Seharusnya jamaah masbuk langsung niat dan takbirotul ikrom lalu mengikuti Gerakan imam.

3. Jamaah masbuk Ketika mengikuti Gerakan imam , tetap wajib takbirotil ikrom, bukan takbir intiqol,

C. Visualisasi hasil

7

Posisi makmum masbuk, pada gambar berikut, kemudian ada lagi orang yang datang dan ingin berjamaah namun disebelah kana nada jamaah yang berdzikir maka makmum diperbolehkah diselah kiri calon imam, maka sicalon makmum meminta jamaah yang dzikir untuk pindah kemudian menempati disebelah kanan imam.

D. Tindak Lanjut

Umpan balik yang guru lakukan dalam mengapresiasi praktek sholat masbuk adalah sebagai berikut :

1. Guru membimbing dan memberi contoh saat sholat masbuk ketika praktek .

2. Guru meminta siswa untuk bisa mengaplikan praktek sholat masbuk dengan benar jika suatu saat mengalami ketinggalan sholat dalam berjamaah.

3. Guru Memberi motivasi pada siswa untuk bisa menyampaikan pengetahuan tentang sholat masbuk pada teman teman yang belum tahu tentang sholat masbuk.

4. Guru tetap memantau siswa yang masbuk saat sholat berjamaah di sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post