Ibu Suri

Seorang Guru yang tengah belajar berkisah melalui untaian aksara......

Selengkapnya
Navigasi Web

Road To Adiwiyata Nasional

Road To Adiwiyata Nasional

#TantanganGurusiana

#TantanganHari_35

Setahun yang lalu kami pernah bersama bahu membahu. Semuanya bergerak, jajaran guru, siswa, orang tua murid semuanya bergerak berbenah diri demi suksesnya program Adiwiyata ProvensiAdiwiyata adalah salah satu program kementrian lingkungan hidup bekerja sama dengan kementrian pendidikan nasional dalam rangka mendorong terciptanya pengetetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk ikut bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan hidup yang bersih dan sehat.Tak hanya sekolah yang berbenah. Wawasan mengenai lingkungan segera di upgrade. Efek rumah kaca, biopori, pembibitan, nama-nama latin berbagain tanaman. Waah penyegaran kembali ilmu di masa kuliah.Kali ini kembali program adiwiyata digaungkan di sekolah kami. Kali ini untuk level yang lebih tinggi, adiwiyata nasional. Persiapannya tentu lebih berat dibanding tahap sebelumnya.

Langkah awal kami mengadakan kunjungan ke sekolah yang telah berada pada tahap Adiwiyata provensi, SD Inpres Antang I. "Program Adiwiyata Ini tidak akan sukses tanpa adanya keterlibatan semua pihak" ujar Kepala Sekolah SDI Antang I. Beliau menceritakan betapa besar peran orangtua murid dalam proses pembenahan sekolah. Sumbangsih yang diberikan baik itu berupa tenaga, ide maupun dana membuat sekolah berbenah lebih leluasa.

Sosialisasi Program adiwiyata nasional di sekolah kami mendapat respon yang luar biasa dari orang tua murid. Mereka langsung berembuk mendiskusikan apa saja yang perlu dibenahi, sumbangsih apa saja yang bisa diberikan. Tak tanggung-tanggung ada yang bersedia menyumbang tenaga untuk mengecet, membeli bahan cat, hingga berkreasi membuat kerajinan tangan dari bahan bekas. Keesokan mereka langsung bergerak melakukan peengecetan bangku kelas.

Tadi pagi hati begitu bahagia ketika masuk kelas melihat lemari sudah tercat rapi dengan warna senada dengan bangku siswa. Datang lagi orang tua siswa membawa sekantong hiasan gantung berbentuk burung dari bahan pastik. Ini baru awal, langkah kami menuju Adiwiyata Nasional masih panjang. Tetapi melihat semangat orang tua siswa yang sungguh luarbisa. Kami yakin kedepannya akan lebih mudah. Semangat! Road To Adiwiyata Nasional

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

18 Feb
Balas



search

New Post