Surip Sriatun

Guru Kimia di MAN 1 Bekasi. Menyukai hidup penuh cinta dan damai setiap saat...

Selengkapnya
Navigasi Web
DARING OH DARING(052)

DARING OH DARING(052)

# Tagur hari ke-52

DARING OH DARING

Oleh : Surip Sriatun

Proses belajar mengajar tak bisa berjalan maksimal kalau hanya diberikan materi saja tanpa adanya interaksi antara guru dan siswa. Begitu pula belajar kimia, sangat diperlukan interaksi guru dan siswa agar materi yang sedang dipelajari dapat dimengerti dengan baik oleh siswa.

Hari ini aku memilih google meet sebagai media pembelajaran daring. Aku berencana menjelaskan hitungan tentang bagaimana menentukan kenaikan titik didih. Tepat jam 07.00 aku masuk ke WA grup kelas dan membuka kegiatan belajar mengajar. Beberapa menit kemudian aku bagikan link google meet dan menunggu siswa pada masuk ke sana. Satu per satu siswa mulai bergabung dan aku klik admit.

Sampai menit ke-10 dari jam 07.00 baru 10 siswa yang bergabung. Dengan sabar aku menunggu sambil mengajak ngobrol dengan siswa yang sudah bergabung.

Lima belas menit sudah berlalu untuk menunggu siswa bergabung. Namun jumlah siswa baru 15 yang gabung. Akhirnya aku mulai saja kegiatan belajar mengajar hari ini sambil berharap siswa yang lain bergabung. Ternyata hingga menjelang waktu megajarku habis, jumlah siswa yang gabung tidak bertambah lagi. Berarti separoh lebih siswa di kelas ini tidak mengikuti kegiatan belajar kimia hari ini. Aku masuk lagi ke WA grup kelas untuk mencari tahu kenapa banyak siswa yang belum hadir di google meet yang sudah dibagikan linknya. Tak satu pun yang menjawab di grup. Namun tiba-tiba banyak chat pribadi masuk. Bunyinya semua sama; "Maaf Bu hari ini tidak bisa hadir di google meet, saya hanya punya kuota chat saja".

Rasanya banyak waktuku terbuang sia-sia.

Karawang, 13 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dilema ya bu, tp kerren tulisamnya bu

13 Aug
Balas

Begitulah yang terjadi. Kuota, sinyal jadi penghalang pembelajaran. Sukses selalu dan barakallahu fiik

13 Aug
Balas

Iya BuTerima kasih

13 Aug

Pengalaman yang sama dengan saya bun. Kuota salah satu hambatan slm daring. Smg pandemi sgera berlalu

13 Aug
Balas

AamiinTerima kasih Bu

13 Aug

Semoga covid19 cepat berlalu

13 Aug
Balas

AamiinTerima kasih sudah berkenan mampir

13 Aug

bunda, kesulitan memasukkan foto profilnya, gimana caranya bun...

22 Aug
Balas



search

New Post