Surti Harjanti

Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Tuntang. Ibu dari tiga anak. Tinggal di Candirejo, Tuntang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Satu Lelaki Empat Puluh Wanita

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah telah selesai kegiatan pengajian Ahad kedua muslimat Candirejo Tuntang. Pada hari ini Ustadz menyampaikan hadits-hadits pada bagian "lam". Jadi yang dibahas adalah hadits yang dimulai dengan huruf lam.Salah satu dari hadits itu adalah "Akan datang suatu masa seorang laki-laki menjadi tumpuan hasrat dari 40 wanita." Hadits ini mengisyaratkan jumlah laki-laki yang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah perempuan. Dan bila masa itu tiba, maka kiamat sudah semakin dekat. Suami saya adalah satu-satunya bapak peserta pengajian, karena yang lain adalah ibu-ibu. Maka beliau yang dijadikan contoh untuk hadits ini. "Untung ada saya kalau tidak mungkin Pak Kuntadi sudah dikeroyok oleh semua ibu anggota jamaah ini," demikian kata Ustadz Wibowo. Wah, spontan ibu-ibu tertawa sambil memandangi saya. Waduh, saya jadi malu. Sungguh saya tidak bisa membayangkan suami saya beristri 40. Pasti wow banget. Padahal sekarang pun jumlah perempuan lebih banyak daripada jumlah laki-laki. Maka menjadi suatu pertanyaan apabila masih ada seorang laki-laki yang belum mempunyai istri. Dan ini pula sebenarnya yang mendasari diperbolehkannya poligami. Lalu apa saya menentang adanya poligami? Sama sekali tidak. Poligami diperbolehkan oleh Allah mengapa saya harus menentangnya. Bahkan saya pernah menawarkan kepada suami apabila beliau mau beristri lagi saya memperbolehkan. Tapi beliau menolak, Alhamdulillaah. Itulah salah satu hadits yang dibahas pada pagi ini. Saya hanya bisa menuliskan satu karena ada 11 hadits yang lain. Saya memilih hadits ini untuk saya bahas karena mengingat satu cover buku yang sempat tampil. Judulnya: Suamiku silakan menikah lagi. Judul yang cukup kontroversial. Namun sebagai istri saya memahami bahwa seorang laki-laki boleh poligami. Namun sampai batas paham saja. Untuk benar-benar ikhlas, entahlah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post